Jumat 24 May 2024 15:57 WIB

Turki: Makin Banyak Negara Akui Palestina, Israel Makin Terkucil

Makin banyak negara di Eropa mengakui Palestina.

Red: Ani Nursalikah
Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera komunitas Palestina dan Kanak di Kaledonia Baru saat unjuk rasa di Paris, Prancis, 18 Mei 2024.
Foto: EPA-EFE/CHRISTOPHE PETIT TESSON
Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera komunitas Palestina dan Kanak di Kaledonia Baru saat unjuk rasa di Paris, Prancis, 18 Mei 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan mengatakan semakin besarnya pengakuan terhadap Palestina sebagai negara akan mengucilkan Israel dan sekutu-sekutunya.

"Meningkatnya jumlah negara yang mengakui Palestina, khususnya di Eropa, semakin mengisolasi Israel dan para pendukungnya," kata Fidan dalam konferensi pers bersama Menlu Venezuela Yvan Gil di Ankara, Kamis (23/5/2024).

Baca Juga

Dalam konferensi pers yang digelar seusai pertemuan keempat Komisi Kerja Sama Turki-Venezuela itu, Fidan juga menegaskan kembali pentingnya Palestina menerima pengakuan yang sah. Dia menyerukan tindakan segera untuk menghentikan pembantaian yang dilakukan Israel.

"Sudah waktunya bagi komunitas internasional untuk mengesampingkan sikap diamnya dan mengambil langkah-langkah untuk menghentikan genosida yang dilakukan oleh rezim rasis dan fundamentalis Israel, baik secara diplomatis maupun melalui implementasi keputusan yang diambil," kata dia.