Rabu 29 May 2024 17:00 WIB

Jadwal Sholat Hari Ini di Medan dan Hadits tentang Pentingnya Sholat (29 Mei 2024)

Sholat adalah tiang agama.

Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Masjid
Foto: Republika
Ilustrasi Masjid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Para pembaca yang budiman, dalam menjalani kehidupan sebagai seorang Muslim, sholat adalah tiang agama yang tak boleh kita tinggalkan.

Seperti yang telah disabdakan Rasulullah SAW, “Sholat adalah tiang agama; barang siapa mendirikannya berartilah ia menegakkan agama, dan barang siapa meninggalkannya berartilah ia meruntuhkan agama.” (HR. Baihaqi).

Baca Juga

Berikut adalah jadwal sholat untuk Kota Medan pada 29 Mei 2024.

1. Subuh: 04.54 WIB

2. Dzuhur: 12.17 WIB

3. Ashar: 15.31 WIB

4. Maghrib: 18.27 WIB

5. Isya: 19.38 WIB

Hadits Terkait Sholat

Sholat memiliki kedudukan yang sangat istimewa dalam agama Islam. Alquran dan Hadits menegaskan betapa pentingnya kita menjaga dan menunaikan sholat lima waktu. Salah satu hadits yang sering diingatkan dalam berbagai kesempatan adalah:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "إن أول ما يحاسب الناس به يوم القيامة من أعمالهم الصلاة" رواه أبو داود والترمذي

Artinya: Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab pada hari kiamat dari seorang hamba adalah sholatnya.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Makna Hadits

Hadits ini memberikan pesan penting bahwa sholat adalah amalan yang paling pertama dihisab pada hari Kiamat. Oleh karenanya, kita sebagai Muslim harus memperhatikan sholat kita dengan sungguh-sungguh, memperbaiki kekhusyukan, serta menjaga waktu-waktunya.

Kiat Menjaga Sholat

1. Tepat Waktu: Usahakan untuk selalu melaksanakan sholat di awal waktu. Hal ini dapat membantu kita untuk tetap disiplin dan tidak melewatkan sholat karena kesibukan lainnya.

2. Bersuci dengan Baik: Pastikan wudhu dilakukan dengan sempurna. Wudhu yang benar akan membantu kita untuk lebih khusyuk dalam sholat.

3. Berjamaah: Apabila memungkinkan, solatlah berjamaah di masjid. Sholat berjamaah memiliki pahala yang jauh lebih besar dibandingkan sholat sendiri.

4. Berdoa dan Dzikir: Setelah sholat, alangkah baiknya jika kita meluangkan waktu untuk berdzikir dan berdoa. Ini akan menambah kekhusyukan dan keimanan kita.

Para pembaca yang dirahmati Allah, semoga kita selalu istiqamah dalam menunaikan kewajiban sholat ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dan kekuatan kepada kita untuk menjalankannya dengan ikhlaskan hati.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

*Artikel ini disusun oleh AI dan diverifikasi oleh tim redaksi

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement