Jumat 31 May 2024 08:21 WIB

Beijing Desak Uni Eropa Hentikan Investigasi Mobil Listrik China

Investigasi atas mobil listrik China akan mengganggu rantai pasok global.

Red: Friska Yolandha
Lengan robot merakit kendaraan listrik di sebuah pabrik di Jinhua, Provinsi Zhejiang, China, 26 April 2023. China minta Uni Eropa tak teruskan investigasi terkait mobil listrik.
Foto: REUTERS
Lengan robot merakit kendaraan listrik di sebuah pabrik di Jinhua, Provinsi Zhejiang, China, 26 April 2023. China minta Uni Eropa tak teruskan investigasi terkait mobil listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pemerintah China mendesak Uni Eropa menghentikan investigasi atas mobil listrik China. Mereka menilai hal tersebut dapat berisiko mengganggu rantai pasok global.

"China mendesak Uni Eropa untuk menghentikan penyelidikan tersebut sesegera mungkin agar tidak mengganggu kerja sama ekonomi dan perdagangan China-UE serta stabilitas rantai industri dan pasokan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning dalam konferensi pers di Beijing, Kamis (30/5/2024).

Baca Juga

UE meluncurkan penyelidikan antisubsidi terhadap impor kendaraan listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) dari China pada Oktober 2023 setelah Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada September 2023 menuding bahwa kendaraan listrik China yang diimpor akan membanjiri Eropa dan mendistorsi pasar otomotif.

"Jika UE bersikeras melanjutkan penyelidikan, China tidak akan duduk diam dan hanya menonton. Kami akan mengambil segala tindakan yang diperlukan untuk secara tegas menjaga hak dan kepentingan kami," ungkap Mao Ning.

China, menurut Mao Ning, telah berulang kali menyatakan posisinya mengenai penyelidikan anti-subsidi UE terhadap impor kendaraan listrik dari China.

"Izinkan saya mengatakan bahwa sifat penyelidikan ini adalah bentuk proteksionisme. Ada banyak praktik dalam penyelidikan yang tidak dapat dibenarkan dan tidak konsisten dengan peraturan," tegas Mao Ning.

Tuduhan UE terhadap apa yang disebut sebagai subsidi oleh China juga tidak dapat dipertahankan.

Sebelumnya Menteri Perdagangan China Wang Wentao, dalam sebuah pertemuan meja bundar di Paris pada 7 April 2024 mengatakan bahwa perkembangan pesat para manufaktur kendaraan listrik China merupakan hasil dari inovasi teknologi yang berkesinambungan, sistem rantai pasokan yang mapan, serta persaingan pasar yang penuh, bukan karena subsidi.

Uni Eropa juga akan mengenakan....

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبٰوا لَا يَقُوْمُوْنَ اِلَّا كَمَا يَقُوْمُ الَّذِيْ يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطٰنُ مِنَ الْمَسِّۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ قَالُوْٓا اِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبٰواۘ وَاَحَلَّ اللّٰهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبٰواۗ فَمَنْ جَاۤءَهٗ مَوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّهٖ فَانْتَهٰى فَلَهٗ مَا سَلَفَۗ وَاَمْرُهٗٓ اِلَى اللّٰهِ ۗ وَمَنْ عَادَ فَاُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ
Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Barangsiapa mendapat peringatan dari Tuhannya, lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah. Barangsiapa mengulangi, maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.

(QS. Al-Baqarah ayat 275)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement