Sabtu 01 Jun 2024 23:20 WIB

Tak Boleh Ada HP, Buku jadi Hiburan Utama Santri Ponpes Husnul Khotimah

Selain menyediakan bacaan yang dibutuhkan santri, suasana perpustakaan dibuat nyaman

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Ponpes Husnul Khotimah
Foto: Humas Ponpes Husnul Khotimah
Ponpes Husnul Khotimah

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN--- Membaca buku menjadi kegiatan yang terus dikembangkan di kalangan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Husnul Khotimah Kabupaten Kuningan. Aturan yang melarang santri membawa handphone juga turut mendorong tingginya minat baca santri di ponpes tersebut.

Kepala Urusan Perpustakaan Husnul Khotimah 1, Afif Bahtiar, mengatakan, di Ponpes Husnul Khotimah terdapat perpustakaan yang dilengkapi berbagai macam buku bacaan bagi para santri. Tak hanya buku tentang ilmu pengetahuan, perpustakaan juga menyediakan novel dan komik yang mengandung nilai positif bagi para santri.

Baca Juga

Selain menyediakan bacaan yang dibutuhkan para santri, suasana perpustakaan pun dibuat nyaman agar mereka semakin tertarik untuk datang membaca buku. ‘’Di perpustakaan ada langkah-langkah agar santri mau membaca dan bisa mengembangkan minat bacanya itu,’’ ujar Afif kepada Republika, Jumat (31/5/2024).

Afif menambahkan, pihaknya juga membuat berbagai inovasi, seperti misalnya mengadakan lomba-lomba yang terkait dengan kegiatan literasi. Seperti belum lama ini, pihaknya mengadakan lomba resensi buku. ‘’Dengan mengadakan lomba resensi buku, artinya santri harus membaca dulu semua isi buku itu, baru diresensikan,’’ kata Afif.