Selasa 04 Oct 2016 07:00 WIB

Cerita Dokter Penjinak 'Raja Singa' dan PSK di Planet Senen

Red: Karta Raharja Ucu
PSK (ilustrasi).
Foto:

Membuka praktik di kaki lima, tak dapat dielakkan yang datang berobat ke tempat praktiknya itu adalah rakyat kecil. Banyak dia ntara mereka datang dari daerah sekitar Senen, seperti Kwitang, Pal Putih, Tanah Tinggi dan Galur.

Tidak kurang banyaknya para ibu yang membawa anak-anak, termasuk bayi. Juga tukang becak masyarakat kecil lainnya. Untung ketika itu belum terjadi penggusuran, sehingga dr Basri dapat dengan leluasa berpraktik di kaki lima. Juga belum berlaku peraturan dan UU mengenai praktik kedokteran.

Dr Firman Lubis, guru besar FKUI, dalam buku Jakarta 1950-an, menulis, "Kalau dari sudut pandang kedokteran, praktik dr Basri ini dianggap tidak etis dan merendahkan profesi dokter."

Tapi, para pasien yang hampir seluruhnya rakyat jelata sangat berterima kasih kepada dr Basri, yang sering kali tidak menerima bayaran dari pasiennya. Saya juga kerap menyaksikan dr Basri membuka 'praktik' di Planet Senen, yang sekarang menjadi Gelanggang Remaja dan berhadapan dengan stasiun kereta api Senen, Jakarta Pusat.

Orang Jakarta rupanya punya selera humor yang tinggi. Ketika terjadi persaingan antara Presiden Dwigh Eisenhower dari Amerika Serikat dan Perdana Menteri Uni Soviet Nikita Kruschev untuk mengirim manusia ke ruang angkasa (planet), tempat pelacuran kelas bawah ini mereka namakan 'planet'.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement