Selasa 04 Oct 2016 07:00 WIB

Cerita Dokter Penjinak 'Raja Singa' dan PSK di Planet Senen

Red: Karta Raharja Ucu
PSK (ilustrasi).
Foto:

Di Planet Senen yang kemudian, oleh Gubernur Ali Sadikin, para PSK-nya dipindahkan ke Kramat Tunggak, Jakarta Utara dr Basri juga kerap membuka praktik. Dia selalu siap menyuntikkan penisilin untuk para PSK yang berpraktek di Planet.

Laki-laki hidung belang yang takut kena penyakit sipilis alias raja singa juga berobat ke dr Basri setelah mereka 'ngamar'. Sampai sekarang tidak diketahui kenapa penyakit kotor itu dinamakan 'raja singa'.

Yang jelas kala itu belum dikenal sama sekali istilah AIDS/HIV yang sangat ditakuti. Tempat pelacuran di Planet Senen terdiri dari rumah-rumah kardus yang dikenal dengan istilah 'rumah liliput'.

Ada juga yang 'ngamar' di gerbong-gerbong barang di Stasiun Senen.Pernah terjadi ketika seorang hidung belakang dan seorang PSK tengah 'ngamar' di gerbong, tiba-tiba tanpa mereka sadari gerbong kereta api barang itu melaju. Gerbon itu baru berhenti di Bekasi, sehingga membuat keduanya kesulitan untuk kembali ke Senen dengan kendaraan lain.

Saya pernah mengikuti kunjungan gubernur Ali Sadikin saat ia hendak memindahkan para PSK dari Planet Senen ke Kramat Tunggak. Ternyata, di antara para pelacur terdapat seorang putri penyanyi keroncong terkenal medio 1940-an. Entah bagaimana ia sampai terjerembab ke tempat mesum itu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement