Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

29 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Ini Lima Balapan Terbaik Valentino Rossi Selama Kariernya

Ahad 14 Nov 2021 20:48 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Friska Yolandha

Pebalap tim Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi seusai menyelesaikan balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Ahad (14/11).

Pebalap tim Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi seusai menyelesaikan balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Ahad (14/11).

Foto: REUTERS/Pablo Morano
Valentino Rossi memutuskan pensiun dari MotoGP di akhir musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah 25 tahun, Valentino Rossi mengakhiri karirnya di GP Valencia, di Sirkuit Ricardo Tormo, Ahad (14/11) malam WIB dengan finis di posisi ke-10. The Doctor adalah pemegang tujuh gelar juara dunia dan salah satu pembalap tersukses dan kharismatik dalam sejarah MotoGP.

Rossi telah melalui waktu 25 tahun dengan berbagai tantangan dan berbagai momen. Dikutip dari laman resmi MotoGP, berikut lima dari 10 balapan terbaik Rossi:

Baca Juga

1. GP Amerika Serikat 2008

Rossi membuat kejutan pada balapan tersebut. Rossi yang mencari mencari kemenangan pertama di Corkscrew untuk mengambil kendali kejuaraan terlibat pertempuran sengit dengan pembalap Ducati, Casey Stoner. Mereka saling bertukar keunggulan pada beberapa kesempatan.

Saat itu, Stoner adalah juara bertahan dan memenangkan tiga balapan sebelum GP Amerika. Namun kesalahan yang dibuat Stoner membuat Rossi berhasil menyalip di delapan sisa lap. Hal tersebut membuat Rossi unggul 25 poin.

2. GP Catalan 2009

Pada balapan ini, Rossi terlibat pertempuran sengit dengan rekan satu timnya di Yamaha, Jorge Lorenzo. Keduanya sangat ketat dalam jarak sepanjang balapan. Namun Rossi membuat banyak orang tercengang, termasuk Lorenzo ketika dia menang berkat aksinya di tikungan terakhir.

Setelah 25 tahun, Valentino Rossi menjalani balapan terakhirnya di GP Valencia. Untuk merayakan karir balap Grand Prix The Doctor yang luar biasa, kami telah menggali arsip untuk menghadirkan 10 balapan terbaiknya kepada Anda. Anda dapat menghidupkannya kembali di bawah ini.

3. GP Australia 2003

Rossi terkenak penalti 10 detik pada balapan kali ini karena melewati bendera kuning. Meski demikian, Ia berhasil menyalip Loris Capirossi semakin melambat karena ban belakangnya semakin menipis. Rossi pun keluar sebagai pemenang dengan jarak 15,2 detik dengan Capirossi.

4. GP Afrika Selatan 2004

Balapan di sini sangat istimewa bagi Rossi karena ia berhasil keluar sebagai juara pada debutnya bersama tim Yamaha. Saat itu usianya masih 25 tahun. Pada balapan tersebut, ia melakukan pertempuran sengit dengan Max Biaggi.

Rossi mendominasi balapan sejak kualifikasi. Ia merebut pole position dan berhasil mempertahankan posisinya pada waktu balapan yang memenangkan pertempuran sengit dengan Biaggi. Ia juga tercatat sebagai pembalap pertama yang memenangkan balapan berturut-turut dengan pabrikan berbeda dan yang pertama memenangkan pembuka musim dalam empat musim berturut-turut.

5. GP Inggris 2000

Tak butuh waktu lama bagi juara bertahan MotoGP 250 cc untuk mencatatkan namanya di kategori 500 cc bersama Honda. Finis di podium ketika dalam tujuh balapan pembuka sebelum akhirnya berdiri sebagai pemenang di Donnington Park pada putaran kesembilan kejuaraan.

Kemenangan di GP Inggris membantunya meluncurkan serangan terhadap persaingan gelar. Walaupun pada akhirnya ia finis di posisi kedua klasemen.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile