Rabu 12 Jun 2024 16:51 WIB

Saat Israel Isi Kembali Danau Tiberias yang Dihisap Yajuj Majuj

Israel melakukan desalinasi Laut Mediterania untuk mengisi air di Danau Tiberias.

Red: A.Syalaby Ichsan
Danau dan Kota Tiberias.
Foto: holyland-pilgrimage.org
Danau dan Kota Tiberias.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah danau di Tiberias, saat ini bernama Galilea yang sekarang dikuasai Israel, disebutkan dalam narasi hadis Rasulullah SAW.

Dari an-Nuwas dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, "Kemudian Allah SWT mengeluarkan Yajuj dan Majuj, mereka turun dengan cepat dari bukit-bukit yang tinggi. Setelah itu gerombolan atau barisan pertama dari mereka melewati Danau Thabariyah dan meminum habis semua air dalam danau tersebut. (HR Muslim 2937/110, at-Tirmidzi 2240 Abu Dawud 4321, Ibnu Majah 4075).

Baca Juga

Dalam hadis tentang tanda-tanda menjelang datangnya hari kiamat atau akhir zaman di atas tercantum kata 'Danau Thabariyah'. Danau itu juga dikenal dengan nama Tiberia. Dr Syauqi Abu Khalil dalam Athlas al-Hadith an-Nabawi mengatakan, dalam bahasa Arab, kata Thabar berarti melompat atau bersembunyi.

photo
Pekerja mengumpulkan burung bangau mati di kawasan konservasi Danau Hula, utara Laut Galilea, di Israel utara, Ahad, 2 Januari 2022. Flu burung telah membunuh ribuan burung bangau yang bermigrasi dan mengancam hewan lain di Israel utara di tengah apa yang dikatakan pihak berwenang. bencana satwa liar paling mematikan dalam sejarah bangsa. - (AP/Ariel Schalit)

"Tiberia merupakan nama danau dan kota di utara Palestina," ujar Dr Syauqi Abu Khalil. Tepatnya, terletak di dekat Dataran Tinggi Golan di sebelah utara Palestina, di Lembah Celah Besar Yordan yang memisahkan Afrika dan patahan Arab. Saat ini, wilayah tersebut termasuk daerah kekuasaan Israel.