Jumat 14 Jun 2024 18:49 WIB

Jelang Puncak Haji, Para Tokoh Hadiri Peringatan Haul Mbah Moen

Peringatan haul Mbah Moen di Makkah dihadiri Habib Jindan dan sejumlah putra almarhum

Rep: Muhyiddin/ Red: Hasanul Rizqa
Batu nisan makam Mbah Moen di Mala.
Foto: MCH
Batu nisan makam Mbah Moen di Mala.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Menjelang puncak ibadah haji 1445 H/2024 M, ratusan orang pencinta (muhibbin) almarhum KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen mendatangi Kantor Daerah Kerja (Daker) Makkah di wilayah Syisyah, Kamis (13/6/2024) sore. Mereka menghadiri peringatan haul Mbah Moen kelima bersama para habaib, kiai, serta petugas dan jamaah haji Indonesia.

Berdasarkan pantauan Republika di lokasi, sejumlah tokoh hadir di gedung depan Kantor Daker Makkah. Di antara mereka adalah putra-putra Mbah Moen, yaitu KH Abdullah Ubab, KH Najih Maimoen (Gus Najih), KH Taj Yasın Maimoen, dan Gus Muhammad Idror. Turut serta pula, pimpinan Yayasan al-Fachriyah Tangerang, Banten, yakni Habib Jindan bin Novel.

Baca Juga

Menurut Habib Jindan, keteladanan Mbah Moen perlu ditiru oleh generasi Muslim masa kini maupun mendatang. Almarhum yang juga pengasuh Pondok Pesantren al-Anwar, Sarang, Rembang, Jawa Tengah, itu juga merupakan sosok ulama yang sangat dicintai semua kalangan. Sebab, sifat-sifatnya yang alim dan penuh dengan kasih sayang.

"Lima tahun lalu, kita semua semua melihat Kiai Maemoen. Dan semua orang yang duduk dekat dengan beliau merasakan halnya kasih sayang dan cinta dari beliau," ujar Habib Jindan, Kamis (13/6/2024) waktu Arab Saudi.