Sabtu 15 Jun 2024 19:26 WIB

Bagi Andalan Indonesia, Lifter China Shi Zhiyong Pesaing Terberat pada Olimpiade

Rizki memastikan tetap mengantisipasi kemampuan lawan-lawan.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Lifter Indonesia Rizki Juniansyah.
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi/wsj.
Lifter Indonesia Rizki Juniansyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atlet angkat besi (lifter) putra andalan Indonesia Rizki Juniansyah mengungkapkan pesaing terberat angkat besi kelas 73 kilogram putra yang akan dihadapi pada Olimpiade Paris 2024 yaitu lifter asal China Shi Zhiyong "Yang dari Cina, Shi Zhiyong itu lawan terberat saya, sebelumnya dia yang memegang rekor angkatan saya, baik snatch, dan clean & jerk dia yang pegang, namun saya pecahkan," ujar Rizki kepada awak media di Jakarta, dikutip pada Sabtu (15/6/2024).

Atlet berusia 20 tahun yang turun di kelas 73 kilogram putra memastikan tiket ke Paris setelah menjadi juara pada ajang IWF World Cup 2024 di Phuket, Thailand pada April 2024 lalu. Ia sukses mencatatkan total angkatan 365 kilogram dengan perincian 164 kg di angkatan snatch dan 201 kg saat clean & jerk. Berat beban 201 kg pada saat clean & jerk bahkan membuat Rizki memecahkan rekor dunia.

Baca Juga

Selain itu, total angkat Rizki juga memecahkan rekor dunia yang sebelumnya dipegang Shi Zhiyong dengan angkatan total 364 kg. Ia berharap, kemampuan lifter asal "Negeri Tirai Bambu" itu pada kejuaraan sebelumnya tidak berbeda jauh ketika tampil pada Olimpiade Paris 2024.

"Saya harap kondisinya seperti kemarin dan saya tidak terlalu berat melawan dia nanti di Olimpiade," ujarnya.