Rabu 19 Jun 2024 11:37 WIB

Masyarakat Diminta Waspadai Aplikasi Elaelo yang Klaim Jadi Pengganti X

Situs elaelo.id menampilkan logo Garuda Pancasila yang mengesankan aplikasi Kominfo.

Red: Andri Saubani
Tampak laman depan website Elaelo, platform media sosial lokal buatan pemerintah pengganti X.
Foto: tangkapan layar
Tampak laman depan website Elaelo, platform media sosial lokal buatan pemerintah pengganti X.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komtap Cyber Security Awareness Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (Aptiknas) Alfons Tanujaya menyarankan masyarakat agar waspada bila hendak mengakses aplikasi elaelo.id. Aplikasi itu tengah menjadi pembahasan di media sosial lantaran mengklaim sebagai pengganti X jika nantinya X diblokir oleh pemerintah.

"Situs elaelo.id menampilkan logo Garuda Pancasila dan menampilkan tulisan 'Under Construction by Kominfo'. Hal ini memberikan kesan seakan-akan elaelo adalah aplikasi yang didukung atau dibangun oleh Kominfo. Hal ini jelas menyesatkan, karena Kominfo sendiri tidak pernah menginformasikan adanya aplikasi pengganti X di bawah Kominfo bernama elaelo," kata Alfons pada Rabu (19/6/2024).

Baca Juga

Di samping itu, kata dia, administratur elaelo.id dengan identitas -Iron Dome #Hmei mengunggah berita dari portal berita yang judulnya diubah sehingga menimbulkan kesan seolah Kementerian Komunikasi dan Informatika merekomendasikan penggunaan elaelo setelah platform X diblokir. Berdasarkan temuan-temuan tersebut, Alfons menyarankan masyarakat agar waspada bila mengakses platform elaelo.id.