Rabu 19 Jun 2024 14:57 WIB

Tabrakan di Laut Cina Selatan, Delapan Tentara Filipina Terluka

Cina menyalahkan Filipina atas insiden tersebut.

Red: Fitriyan Zamzami
Kapal Angkatan Laut Filipina yang bobrok namun masih aktif, BRP Sierra Madre, didamparkan di Second Thomas Shoal, di Laut Cina Selatan yang disengketakan pada 22 Agustus 2023.
Foto: AP Photo/Aaron Favila
Kapal Angkatan Laut Filipina yang bobrok namun masih aktif, BRP Sierra Madre, didamparkan di Second Thomas Shoal, di Laut Cina Selatan yang disengketakan pada 22 Agustus 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA – Setidaknya delapan personel angkatan laut Filipina terluka pekan ini, termasuk seorang kehilangan ibu jari, dalam konfrontasi dengan penjaga pantai Cina di Laut Cina Selatan. Insiden itu menandai meningkatnya ketegangan di wilayah laut yang disengketakan tersebut.

Kejadian itu berlangsung Senin ini, saat tentara Filipina mengantarkan makanan dan perbekalan lainnya ke pos militer di perairan dangkal yang disengketakan di Laut Cina Selatan, kata pejabat keamanan Filipina.

Baca Juga

Kementerian Luar Negeri Filipina mengecam apa yang digambarkannya sebagai tindakan “ilegal dan agresif” Cina. Mereka menambahkan bahwa “dialog dan konsultasi” tidak dapat dicapai jika “kata-kata Cina tidak sesuai dengan tindakan mereka di perairan.”

Dangkalan tersebut ditempati oleh satu kontingen angkatan laut Filipina yang menaiki kapal perang yang sudah lama didamparkan, Sierra Madre, yang telah diawasi secara ketat oleh penjaga pantai dan angkatan laut Cina dalam perselisihan teritorial selama bertahun-tahun. Cina menjadi semakin tegas dalam menegaskan klaimnya atas hampir seluruh Laut Cina Selatan, yang telah menyebabkan meningkatnya jumlah konflik langsung dengan negara-negara lain di kawasan ini, terutama Filipina dan Vietnam.

Dua pejabat keamanan Filipina yang mengetahui misi pasokan di perairan dangkal tersebut mengatakan kepada Associated Press bahwa pada Senin, dua perahu karet yang diawaki oleh personel angkatan laut Filipina telah mendekati Sierra Madre untuk mengirimkan pasokan segar. Tiba-tiba beberapa personel penjaga pantai Cina dengan perahu cepat tiba untuk mengganggu pasokan tersebut. misi, memicu perkelahian dan tabrakan.

Setidaknya delapan warga Filipina terluka, termasuk satu orang yang kehilangan ibu jarinya, kata salah satu dari dua pejabat tersebut, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya karena mereka diperintahkan untuk tidak membahas konfrontasi di laut lepas secara terbuka.

Lima pelaut yang terluka diselamatkan oleh salah satu dari dua kapal patroli penjaga pantai Filipina yang menunggu dari kejauhan untuk mendukung misi pasokan angkatan laut di perairan dangkal tersebut. Kedua kapal pemasok tersebut ditarik oleh personel penjaga pantai Cina dan kemudian ditinggalkan setelah dirusak dan dikosongkan isinya, kata kedua pejabat tersebut.

Penjaga pantai Cina memberikan versi berbeda mengenai kejadian tersebut. Mereka mengatakan Filipina “sepenuhnya bertanggung jawab atas insiden ini.” Dikatakan bahwa sebuah kapal Filipina “mengabaikan peringatan serius Cina yang berulang kali… dan secara berbahaya mendekati kapal Cina dalam dengan cara yang tidak profesional, sehingga mengakibatkan tabrakan.”

Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan kapal pasokan tersebut ditemani oleh dua speedboat Filipina yang berusaha mengirimkan bahan bangunan dan pasokan lainnya ke Sierra Madre. Pernyataan tersebut menggambarkan tindakan penjaga pantai Tiongkok sebagai “profesional, terkendali, masuk akal, dan sah.”

Menanggapi insiden tersebut, AS memperingatkan bahwa mereka berkewajiban membela Filipina, sekutu perjanjiannya.

Beberapa insiden lain telah terjadi dalam beberapa bulan terakhir di dekat Second Thomas Shoal, yang berjarak kurang dari 370 km dari pantai Filipina. Wilayah laut itu merupakan lokasi Sierra Madre, yang kini telah berkarat, sengaja dikandangkan pada 1999 untuk membuat pos terdepan teritorial.

Kapal tersebut tetap merupakan kapal militer yang ditugaskan secara aktif, yang berarti serangan terhadap kapal tersebut dapat dianggap oleh Filipina sebagai tindakan perang.

Undang-undang baru Cina yang mulai berlaku pada hari Sabtu memberi wewenang kepada penjaga pantai untuk menyita kapal asing “yang secara ilegal memasuki perairan teritorial Tiongkok” dan menahan awak kapal asing hingga 60 hari. Undang-undang tersebut memperbarui rujukan pada undang-undang tahun 2021 yang menyatakan bahwa penjaga pantai Cina dapat menembaki kapal asing jika diperlukan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement