Kamis 20 Jun 2024 06:55 WIB

Rhoma Irama Ragukan Habaib Keturunan Nabi Muhammad, Minta Bukti Tes DNA

Kelompok Ba'alawi menolak tes DNA, Rhoma menyebut mereka takut ketahuan aslinya.

Red: Erik Purnama Putra
Raja dangdut Rhoma Irama saat ditemui di TPS 069 di SMPN 141 Jakarta, Jalan Pondok Jaya VIII Nomor 15B, Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, Rabu (14/2/2024).
Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Raja dangdut Rhoma Irama saat ditemui di TPS 069 di SMPN 141 Jakarta, Jalan Pondok Jaya VIII Nomor 15B, Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, Rabu (14/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Raja dangdut Rhoma Irama ikut mengomentari terkait polemik habaib di Indonesia yang merupakan nasab Ba'alawi yang memiliki jalur keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW. Rhoma akhirnya bersuara dengan meragukan garis keturunan itu. Dia juga tidak sependapat jika Wali Songo yang menyebarkan Islam di Indonesia adalah dari kelompok habaib yang asalnya dari Yaman.

"Saya harus mengatakan ini, yang direkomendasikan mayoritas bangsa-bangsa di dunia seperti itu kan. Kemudian saya katakan tadi dalam konteks nasionalisme ini pun ada satu kekhawatiran khususnya yang muncul dari kelompok zuriah Wali Songo," kata Rhoma dalam siniar dengan KH Anas Kurdi dikutip Republika.co.id di Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Baca Juga

"Mereka mengeklaim bahwa Wali Songo itu adalah Ba'alawi, semua habib. Kkonon mereka dibikin kuburan-kuburan palsu yang telah diketahui dan dibongkar. Informasi yang telah kita lihat di media-media sosial. Klaim-klaim ini dibantah keras oleh kelompok Wali Songo bahwa mereka bukan keturunan dari Yaman, bukan dari Arab Yaman," ucap Rhoma menegaskan.

Rhoma menyampaikan, keluarga Wali Songo pun sudah membantah jika mereka bagian dari kelompok Ba'alawi. Mantan ketua umum DPP Partai Idaman tersebut juga menyentil sosialisasi secara masif yang dilakukan habaib juga keliru. Dia menggugat anggapan jika tanpa ada habiab, Indonesia tidak merdeka pada 1945. Pun dia tidak percaya, Pangeran Diponegoro merupakan kalangan habaib.