Rabu 26 Jun 2024 13:08 WIB

Masih Ragu Hadits Manusia akan Dibangkitkan Kembali dari Tulang Ekor? Ini Bukti Ilmiahnya

Dari itu (tulang ekor), ia diciptakan dan dari itu pula ia disusun atau dibentuk.

Red: A.Syalaby Ichsan
Tulang sulbi atau tulang ekor (ilustrasi)
Foto:

Bagaimana dunia medis menjelaskan tentang tulang ekor tersebut? Dalam dunia kedokteran dikenal adanya lapisan primitif (lapisan sangat awal) ketika embrio mulai tumbuh menjadi manusia. Lapisan tipis ini disebut sebagai primitive-streak.

Ibnu Abdil Bariy el ‘Afifiy (2011) menjelaskan bahwa pada saat sperma membuahi ovum (sel telur), maka pembentukan janin dimulai. Ketika ovum telah terbuahi (zigot), ia terbelah menjadi dua sel dan terus berkembang biak. Sehingga terbentuklah embryonic disk (lempengan embrio) yang memiliki dua lapisan.

Pertama, External Epiblast yang terdiri dari cytotrophoblasts, berfungsi menyuplai makanan embrio pada dinding uterus,dan menyalurkan nutrisi dari darah dan cairan kelenjar pada dinding uterus. Sedangkan lapisan kedua, Internal Hypoblast yang telah ada sejak pembentukan janin pertama kalinya.

Pada hari ke-15, lapisan sederhana muncul pada bagian belakang embrio, dengan bagian be- lakang yang disebut primitive node (gumpalan sederhana), yang merupakan bagian dari primitive streak (lapisan tipis awal). Primitive streak merupakan suatu struktur yang terbentuk pada tingkat awal perkembangan embrionik mamalia (termasuk manusia), repti- lia dan unggas.

photo
Arkeolog menemukan dua hiasan kepala berbentuk kerucut atau limas pada tengkorak yang ada di Amarna Mesir kuno. - (the Amarna Project, Antiquity Publications )

Dari primitive streak inilah beberapa unsur dan jaringan, seperti ectoderm, mesoderm, dan endoderm terbentuk. Ectoderm membentuk kulit dan sistem saraf pusat; mesoderm membentuk otot halus sistem digestive (pencernaan), otot skeletal (kerangka), sistem sirkulasi, jantung,tulang pada bagian kelamin, dan sistem urine (selain kandung kemih), jaringan subcutaneous, sistem limpa, limpa dan kulit luar.

Sementara itu, endoderm membentuk lapisan pada sistem digestive, sistem pernafasan, organ-organ yang berhubungan dengan sistem digestive (seperti hati dan pancreas), kandung kemih, kelenjar thyroid (gondok), dan saluran pendengaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement