Kamis 27 Jun 2024 09:36 WIB

Gaza Terus Digempur, Ini Daftar Lima Negara Pemasok Senjata ke Israel, Terbesar AS

Amerika Serikat menjadi penyuplai utama senjata Israel.

Rep: Teguh/ Red: Teguh Firmansyah
Tank Israel.
Foto:

3. Italia

Italia adalah eksportir senjata global terbesar ketiga ke Israel antara 2019 dan 2023 yang menyumbang 0,9 persen dari impor Israel pada periode tersebut. Demikian menurut SIPRI.

Namun mereka mengumumkan pada akhir tahun 2023  telah berhenti mengirim senjata ke Israel. Hanya saja sejumlah ekspor senjata terus berlanjut, dan pemerintah kemudian menyatakan bahwa pihaknya menghormati perjanjian yang ada dengan syarat bahwa senjata tersebut tidak akan digunakan terhadap warga sipil.

4. Inggris

Ekspor senjata Inggris berkontribusi 0,02 persen dari keseluruhan impor militer Israel. Pada tahun 2022, London mengekspor peralatan militer senilai 53 juta dolar AS ke Israel. Pengadilannya menolak gugatan hukum terhadap penjualan senjatanya ke Israel – namun, ratusan pakar hukum Inggris telah menulis surat kepada pemerintah, mendesak pemerintah untuk mengakhiri ekspor senjata ke Zionis. 

5. India

Menurut dokumen yang dilihat oleh Alhaza, kapal berisi bahan peledak yang dimuat di India melakukan perjalanan ke pelabuhan Ashdod di Israel, sekitar 30 km (18 mil) dari Jalur Gaza.

Situs pelacakan laut menunjukkan kapal tersebut berangkat dari Chennai di India tenggara pada  2 April dan mengelilingi Afrika untuk menghindari transit melalui Laut Merah, tempat kelompok Houthi Yaman menyerang kapal-kapal sebagai pembalasan atas perang Israel.

Kode identifikasi yang ditentukan dalam dokumentasi, yang diperoleh secara tidak resmi oleh Jaringan Solidaritas Melawan Pendudukan Palestina (RESCOP), menunjukkan bahwa Borkum berisi 20 ton mesin roket, 12,5 ton roket dengan bahan peledak, 1.500kg (3.300 pon) bahan peledak dan 740kg (1.630 pon) muatan dan propelan untuk meriam.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَفَمَنْ هُوَ قَاۤىِٕمٌ عَلٰى كُلِّ نَفْسٍۢ بِمَا كَسَبَتْۚ وَجَعَلُوْا لِلّٰهِ شُرَكَاۤءَ ۗ قُلْ سَمُّوْهُمْۗ اَمْ تُنَبِّـُٔوْنَهٗ بِمَا لَا يَعْلَمُ فِى الْاَرْضِ اَمْ بِظَاهِرٍ مِّنَ الْقَوْلِ ۗبَلْ زُيِّنَ لِلَّذِيْنَ كَفَرُوْا مَكْرُهُمْ وَصُدُّوْا عَنِ السَّبِيْلِ ۗوَمَنْ يُّضْلِلِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ هَادٍ
Maka apakah Tuhan yang menjaga setiap jiwa terhadap apa yang diperbuatnya (sama dengan yang lain)? Mereka menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah. Katakanlah, “Sebutkanlah sifat-sifat mereka itu.” Atau apakah kamu hendak memberitahukan kepada Allah apa yang tidak diketahui-Nya di bumi, atau (mengatakan tentang hal itu) sekedar perkataan pada lahirnya saja. Sebenarnya bagi orang kafir, tipu daya mereka itu dijadikan terasa indah, dan mereka dihalangi dari jalan (yang benar). Dan barangsiapa disesatkan Allah, maka tidak ada seorang pun yang memberi petunjuk baginya.

(QS. Ar-Ra'd ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement