Jumat 28 Jun 2024 07:02 WIB

Pasangan Anies-Iman Bisa Bubar Lewat Lobi Liar, Ini Analisis Rektor Paramadina Prof Didik

Prof Didik mengakui Pilkada Jakarta 2024 punya citra hampir setara Pilpres

Red: Teguh Firmansyah
Rektor Universitas Paramadina periode 2021-2025, Prof Didik J Rachbini.
Foto: Dok Paramadina
Rektor Universitas Paramadina periode 2021-2025, Prof Didik J Rachbini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pilkada Jakarta akan menjadi pertarungan politik cukup menarik. Partai-partai politik akan saling bersiasat untuk memenangkan jagoannya. Hasil Pilgub Jakarta akan mempengaruhi konstelasi politik nasional.

Rektor Universitas Paramadina Didik J Rachbini, Prof berpendapat, kehadiran eksperimen pasangan Anies-Sohibul Iman yang disorong PKS begitu menarik perhatian publik dan menjadikan pilkada Daerah Khusus Jakarta lebih bergema secara nasional hampir setara pemilihan Presiden.

Baca Juga

"Mengapa? Karena Pilkda DKJ menjadi barometer nasional dan para gubernurnya sekaligus menjadi tokoh kaliber nasional, yang potensial menjadi presiden pada periode berikutnya," ujarnya Didik dalam keterangannya.

Hal yang menarik dan juga menjadi perhatian publik, kata Didik, karena Shohibul Iman, PhD (PKS) dan Anies Baswedan, PhD keduanya adalah mantan rektor Universitas Paramadina. Universitas Paramadina tidak besar dengan jumlah mahasiswa yang sangat banyak, tetapi juga tidak kecil karena pada saat ini jumlah mahasiswanya hampir 6000 orang.