Sabtu 29 Jun 2024 12:26 WIB

Ridwan Kamil 'Ditahan' Dua Sayap Golkar Agar tak ke Jakarta, Siapa Diuntungkan?

Peluang menang Ridwan Kamil di Jabar lebih besar dan masih dibutuhkan masyarakat.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Mas Alamil Huda
Ketua TKD Prabowo-Gibran Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat mendampingi Prabowo Subianto menghadiri acara deklarasi dan kampanye akbar di Subang, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024).
Foto: Republika/ Febryan A
Ketua TKD Prabowo-Gibran Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat mendampingi Prabowo Subianto menghadiri acara deklarasi dan kampanye akbar di Subang, Jawa Barat, Sabtu (27/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Pengurus daerah Kosgoro 1957 dan SOKSI, mendeklarasikan dukungan kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2024. Artinya, kedua organisasi sayap Partai Golkar itu tak ingin Ridwan Kamil 'OTW' atau berangkat berkompetisi di Pilgub Jakarta.

Mereka menilai sosok Ridwan Kamil yang merupakan pejawat memiliki tingkat elektabilitas tinggi dan masih dibutuhkan masyarakat Jabar. Ketua PDK Kosgoro 1957 Jawa Barat, Aria Girinaya mengatakan, Kosgoro dan SOKSI mendukung penuh pencalonan Ridwan Kamil sebagai gubernur Jawa Barat.

Baca Juga

Pihaknya mendorong DPD Partai Golkar Jawa Barat untuk tetap konsisten menyatakan Ridwan Kamil sebagai satu-satunya bakal calon gubernur Jabar yang diusulkan ke DPP Partai Golkar. "Mendukung sepenuhnya pencalonan Ridwan Kamil sebagai gubernur Jawa Barat untuk periode 2024-2029," ucap dia didampingi Ketua SOKSI Jabar Yon Mintaraga, di Bandung, Sabtu (29/6/2024).

Setelah mendeklarasikan dukungan kepada Ridwan Kamil, ia mengusulkan kepada DPP Partai Golkar segera menetapkan Ridwan Kamil sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat dari Partai Golkar. Selain itu, pihaknya menyerahkan kepada mekanisme Partai Golkar dan partai pengusung lainnya untuk berkoalisi dan menentukan siapa yang akan mendampinginya sebagai bakal calon wakil gubernur Jawa Barat.