Kamis 04 Jul 2024 06:21 WIB

Kabar Transfer Liga 1: Persib Datangkan Pengganti Rodriguez, Persita Punya Pelatih Baru

Mateo Kocijan menggantikan posisi Alberto Rodriguez di Persib.

Red: Israr Itah
Mateo Kocijan, bek anyar Persib.
Foto:

Lefundes bukan wajah asing di sepak bola Indonesia. Ia pernah menjadi pelatih Madura United pada tahun 2021 hingga 2023.

Lefundes memulai kariernya sebagai pelatih fisik dan menangani sejumlah klub lokal di kota Rio de Janeiro dan Sao Paulo, Brasil. Ia memulai petualangan di luar negeri, tepatnya di benua Asia, pada 2007/2008 dengan menjadi pelatih fisik klub Qatar, Al-Mesaimeer. Setelah itu, ia menjadi asisten pelatih, Al-Raed, klub Arab Saudi.

Pada musim 2011, dia bergabung dengan klub Korea Selatan, Jeonbuk FC hingga 2017 dengan status sebagai pelatih fisik dan sempat menjabat sebagai pelatih interim.

Ia sukses memenangkan empat trofi K-League (2011, 2014, 2015, dan 2017) dan satu Liga Champions Asia (2016), dua kali runner-up K-League (2012 dan 2016) dan runner-up Liga Champions Asia (2011).

Setelah kurang lebih enam tahun menangani kontestan K-League tersebut, Fabio Lefundes menuju ke Liga Super China. Dia bergabung dengan SD Luneng dengan status sebagai asisten pelatih.

Pada Oktober 2020, dia kembali ke negaranya, Brasil dan hanya sebulan di klub Divisi Kedua Liga Brasil, Botafogo de Futebol e Regatas. Satu setengah musim di Madura United, ia memutuskan pergi dan kembali ke China untuk bergabung dengan Shandong Taishan sebagai asisten pelatih.

Tantangan baru Giovani Numberi

Dari Solo, bek kiri Giovani Numberi mengungkapkan alasan dirinya memilih bergabung dengan Persis Solo untuk mengarungi kompetisi Liga 1 Indonesia yang rencananya akan digelar pada awal Agustus mendatang.

Giovani mengatakan dirinya ingin mendapatkan tantangan serta pengalaman baru bersama Laskar Sambernyawa.

"Saya ingin mendapatkan tantangan baru yang nantinya akan berpengaruh pada perkembangan karier saya," ujar pemain asal Papua tersebut.

Giovani melanjutkan Persis Solo merupakan salah satu klub besar di Indonesia sehingga ia tidak berpikir panjang untuk bergabung. Pemain berusia 24 tahun menegaskan, kesempatan ini tak akan ia sia-siakan. Giovani mengaku tak sabar untuk mencatatkan debutnya bersama Persis Solo pada musim 2024/25.

 

"Persis...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement