Jumat 05 Jul 2024 11:20 WIB

Surah Alquran ini Deskripsikan Kengerian Hari Kiamat

Hari kiamat penuh dengan kengerian.

Red: Erdy Nasrul
Menanti Kiamat Datang
Foto:

وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَٰزِينُهُۥ

wa ammā man khaffat mawāzīnuh

8. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya,

فَأُمُّهُۥ هَاوِيَةٌ

fa ummuhụ hāwiyah

9. maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.

Ayat ke delapan dan kesembilan berbicara tentang golongan kedua, yaitu mereka yang timbangan kebaikannya ringan. Sedangkan yang berat adalah timbangan keburukannya. Orang demikian dilemparkan, ada ahli tafsir yang mengatakan, orang itu dijungkirkan ke neraka. Kepalanya jatuh ke dasar neraka kemudian isi kepalanya, termasuk otaknya tercerai berai. Kemudian di dalam sana dia disiksa terus menerus.

وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا هِيَهْ

wa mā adrāka mā hiyah

10. Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?

 

نَارٌ حَامِيَةٌۢ

nārun ḥāmiyah

11. (Yaitu) api yang sangat panas.

Apakah kamu mengetahui wahai manusia tentang neraka Hawiyah yang dapat menghancurkan(mu) ini? Dinamakan sebagai neraka Hawiyah karena dia jatuh sampai ke dasarnya. Dasar neraka Hawiyah adalah tempat yang sangat rendah (curam).

Kecuraman dan kedalaman neraka dijelaskan dalam sebuah hadits Rasulullah riwayat Bukhori, yaitu batu yang dilempar ke bawah dan baru sampai ke dasarnya 70 tahun kemudian.

Karena itulah ketika seorang yang amal keburukannya lebih, bahkan sangat berat, maka dijungkirkan ke sana. Kemudian ketika sampai di dasar neraka, tubuhnya hancur.

Kemudian di dalam neraka itu terdapat kobaran api yang sangat panas. Suhu api tersebut 90 kali lebih panas dari api yang ada di bumi.

Api semacam itu membakar para pendosa dalam waktu lama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement