Sabtu 06 Jul 2024 11:16 WIB

Portugal Vs Prancis Akankah Jadi Laga Terakhir Ronaldo di Panggung Internasional?

Ronaldo tak mencetak gol dalam open play pada lima laga Euro 2024.

Red: Israr Itah
 Pemain Portugal Cristiano Ronaldo dari Portugal mengeksekusi tendangan penalti dalam adu penalti.
Foto: AP Photo/Matthias Schrader
Pemain Portugal Cristiano Ronaldo dari Portugal mengeksekusi tendangan penalti dalam adu penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, HAMBURG -- Kekalahan Portugal di perempat final Euro 2024 pada Sabtu (6/7/2024) dini hari WIB kemungkinan besar telah menjadi akhir karier internasional Cristiano Ronaldo yang luar biasa. Kejayaan Ronaldo sudah berlalu dengan bukti penyerang 39 tahun itu tak mencetak gol dalam lima laga, kecuali saat adu penalti.

Portugal kalah 5-3 dari Prancis melalui adu penalti di perempat final setelah bermain imbang tanpa gol, di mana Ronaldo melewatkan peluang emas pada babak perpanjangan waktu. Ia berhasil mengonversi salah satu tendangan dalam adu penalti, tapi rekannya Joao Cancelo gagal sehingga Portugal harus tersisih.

Baca Juga

"Terlalu cepat dan tidak tepat setelah pertandingan untuk membicarakan hal itu dan tidak ada keputusan individu yang dibuat," ujar pelatih Roberto Martinez saat ditanya apakah duel Portugal vs Prancis adalah pertandingan terakhir Ronaldo dengan seragam Portugal.

Akan selalu ada perdebatan tentang di mana Ronaldo berada di antara para pesepak bola terhebat. Misalnya Pele yang memenangkan Piala Dunia tiga kali, atau talenta luar biasa dari Diego Maradona, atau saingan beratnya, Lionel Messi.

Mereka semua memenangkan Piala Dunia, yang tidak dimiliki Ronaldo. Namun dalam statistik di tim nasional, pemain berusia 39 tahun itu lebih unggul.

Kekalahan dari Prancis di Volksparkstadion merupakan caps ke-212 bagi Ronaldo, jauh di atas Messi yang meraih caps ke-185 bersama Argentina saat melawan Ekuador di Copa America.

Total 130 gol Ronaldo untuk negaranya juga merupakan yang terbanyak dalam daftar pencetak gol sepak bola internasional. Messi baru-baru ini berada di posisi kedua dalam daftar tersebut dengan 108 gol.

Ronaldo adalah pemain pertama yang bermain di enam Piala Eropa dan 14 golnya dalam 30 pertandingan juga merupakan rekor Euro. Dia memenangkan trofi pada tahun 2016 ketika Portugal mengalahkan tuan rumah Prancis di final.

Ironisnya, dalam kemenangan Portugal di Euro, Ronaldo harus keluar dari lapangan pada menit-menit awal dalam pertandingan penentuan di Paris sambil menangis karena cedera lutut.

Jika Anda menambahkan gol-golnya di kualifikasi Euro, Ronaldo telah mencetak 55 gol di kompetisi ini, dengan Harry Kane di urutan berikutnya dengan 29 gol.

Di Piala Dunia, Ronaldo telah bermain 22 kali, mencetak delapan gol, dalam lima turnamen, sementara Messi telah bermain empat kali lebih banyak.

Dalam 21 tahun Ronaldo bermain untuk Portugal, mereka tidak pernah absen lolos ke Piala Dunia, dengan posisi semifinal pada tahun 2006 merupakan prestasi terbaik mereka. Pada tahun itu, Ronaldo mencetak gol penalti yang menentukan untuk mengalahkan Inggris di perempat final.

Sebuah karier yang luar biasa, ditandai dengan lima penghargaan Ballon d'Or. Aksi Ronaldo belum berakhir, setidaknya di level klub. Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak dengan 35 gol di liga Saudi musim lalu dan memiliki kontrak satu tahun lagi di Al Nassr.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement