Ahad 14 Jul 2024 06:46 WIB

Ini yang Ditunjukkan Donald Trump Sesaat Sebelum Ditembak

Trump menunjukkkan grafik angka tentang penyeberangan perbatasan.

Red: A.Syalaby Ichsan
Kandidat presiden dari Partai Republik Donald Trump dikelilingi oleh agen Dinas Rahasia AS selepas tembakan padakampanye, Sabtu, 13 Juli 2024, di Butler, Pennsylvania.
Foto:

Juru bicara Secret Service, Anthony Guglielmi, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Trump aman setelah insiden terjadi pada rapat umum di Pennsylvania. Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut. Tidak juga mengatakan dengan jelas apakah ada peserta rapat umum yang terluka.

Setelah dia pergi, sekelompok petugas yang mengenakan pakaian loreng mengawal seseorang dari bangku di sebelah kiri podium tempat Trump berbicara. Para petugas polisi mulai mengepung area tersebut dengan pita TKP ketika para peserta rapat umum mulai meninggalkan lokasi, dan darah terlihat di bangku penonton.

Secret Service meminta anggota media untuk meninggalkan lokasi sekitar 20 menit setelah Trump meninggalkan panggung, dan menyatakan bahwa lokasi rapat umum sebagai tempat kejadian perkara.

Presiden Biden menerima pengarahan awal tentang apa yang terjadi pada rapat umum tersebut, kata Gedung Putih. Gubernur Josh Shapiro dari Pennsylvania mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia telah diberi pengarahan, dan bahwa polisi negara bagian berada di lokasi kejadian bekerja sama dengan mitra federal.