Senin 15 Jul 2024 17:16 WIB

Ini Alasan Sudirman Said Ikut Daftar Seleksi Calon Pimpinan KPK

Sudirman telah mengirimkan dokumen-dokumen persyaratan secara online pada hari ini.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andri Saubani
Sudirman Said
Foto: Republika/Eva Rianti
Sudirman Said

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said resmi mendaftarkan diri seleksi calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029. Sudirman telah mengirimkan dokumen-dokumen persyaratan secara online pada 15 Juli 2024.

Dengan demikian Sudirman sudah menyelesaikan tahap pendaftaran dan dinyatakan sah sebagai salah satu peserta yang akan mengikuti seleksi Capim KPK.

Baca Juga

"Saat publik memanggil untuk membenahi KPK, memperkuat pemberantasan korupsi, sebagai warga negara saya harus bersiap," kata Sudirman setelah resmi mendaftar dan dinyatakan sah sebagai peserta seleksi Capim KPK, Senin (15/7/2024).

Sudirman mengingat sejak usia sekolah merasa terus diurus oleh negara. Sudirman memang mendapat beasiswa penuh selama kuliah di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Sudirman pun pernah diberi tugas dan peran-peran penting dalam karir profesionalnya.

"Oleh sebab itu, ketika panggilan tugas publik datang, kita harus bersiap. Preferensi dan kepentingan pribadi harus disisihkan," ujar Sudirman.

Sudirman juga mengapresiasi para sahabatnya yang membantu dalam menyiapkan persyaratan administrasi yang diperlukan untuk mengikuti proses seleksi tersebut.

"Sehingga dengan cepat seluruh syarat-syarat sudah dapat dipenuhi. Tentu ini sebagai bentuk kesungguhan niat baik dalam berkontribusi baik membenahi tata kelola pemerintahan yang bersih maupun pembenahan KPK," ujar Sudirman.

Panitia Seleksi (Pansel) mengumumkan bertambahnya Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas (Capim-Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mendaftar sampai dengan sore ini. Pansel memang mendorong publik mendaftar di hari terakhir pada 15 Juli 2024.

Wakil Ketua Pansel KPK, Arif Satria menyebut jumlah capim KPK sebanyak 244 orang. Kemudian jumlah calon Dewas KPK sebanyak 166 orang per sore ini.

"Jumlah pendaftar calon anggota Pimpinan dan anggota Dewas KPK sampai dengan jam 14.43 hari ini, jumlah pendaftar 410 orang," kata Arif kepada Republika, Senin (15/7/2024).

photo
KPK didera persoalan - (Republika/berbagai sumber)

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement