Rabu 17 Jul 2024 15:39 WIB

Xaviera Clash of Champions Bagikan Trik Mudah Menghafal: Lewat Story Telling

Kemampuan Xaviera menghafal detail 100 lukisan membuat penonton kagum.

Rep: Mgrol152/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu peserta Clash of Chamipons, Xaviera Putri. Kemampuan Xaviera menaklukkan tantangan Memory Madness di Clash of Champions membuat penonton kagum.
Foto: Dok. Instagram/@ruangguru
Salah satu peserta Clash of Chamipons, Xaviera Putri. Kemampuan Xaviera menaklukkan tantangan Memory Madness di Clash of Champions membuat penonton kagum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Clash of Champions, acara edukatif yang dibentuk perusahaan Ruangguru, sedang menjadi perhatian. Salah satu peserta yang mendapat sorotan adalah Xaviera Putri Ardianingsih.

Perempuan berhijab ini menempuh pendidikan di Korea sejak SMA, sekarang berkuliah di KAIST. Awalnya, Xaviera dikenal sejak dirinya membagikan video-video kesehariannya melalui akun Youtube pribadinya.

Baca Juga

Ia kerap kali membagikan vlog pengalamannya tinggal di Korea, cara belajar untuk mendapatkan beasiswa, dan vlog a day in my life. Baru-baru ini, Xaviera menjadi buah bibir masyarakat karena dapat menghafal 100 lukisan dalam salah satu episode Clash of Champions. Warganet kagum dengan kemampuan menghafal Xaviera yang luar biasa.

Banyak yang penasaran dengan cara dan trik menghafal, Xaviera membagikan tips dan trik-nya melalui akun Instagram miliknya (@xavieraaputri). Dikutip dari Reels yang dibagikannya, cara yang pertama menurut Xaviera adalah menyusun informasi yang harus dihafalkan, kemudian pahami dan coba buat prediksi soal yang akan keluar, terakhir buat cerita berdasarkan informasi yang dihafalkan.

“Trik aku bisa menghafal secara singkat adalah story telling. Dari informasi yang udah aku dapatkan, aku connect satu sama lain. Jadinya kalau ada pertanyaan yang terkait dengan lukisan itu, aku tinggal mikir kembali cerita apa ya yang aku buat,” ujar Xaviera dalam video Reels Instagram.

Video Xaviera membagikan tips menghafal 100 lukisan tersebut menuai reaksi warganet. Video ini memiliki 826.597 likes dan 3.471 komentar per-tanggal 17 Juli.

“Sama banget pake taktik kayak gini, cuma tetep harus diulang hapalannya. Nggak mungkin bisa sejam, minimal sehari wkwk,” ujar @eri*** pada kolom komentar Xaviera.

Komentar lucu dari warganet juga membanjiri kolom komentar Instagram Xaviera. “Kamu pasti belom pernah dibandingin sama anak tetangga yaa?” ketik @sf***.

“Hmm otak saya kapasitas-nya cuma 100MB Kak,” timpal netizen lainnya.

Selain membagikan tips menghfpal, Xaviera juga membagikan tips-tips lain seperti bagaimana cara fokus saat belajar, cara membagi waktu, cara mempersiapkan ujian, dan lain-lain. Ia membagikan tips tersebut melalui akun Instagram dan Youtube-nya. Xaviera memiliki 2,4 juta pengikut di Instagram dan 333 ribu subscribers di akun Youtube.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ اِنَّ اللّٰهَ اشْتَرٰى مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ اَنْفُسَهُمْ وَاَمْوَالَهُمْ بِاَنَّ لَهُمُ الْجَنَّةَۗ يُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ فَيَقْتُلُوْنَ وَيُقْتَلُوْنَ وَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّا فِى التَّوْرٰىةِ وَالْاِنْجِيْلِ وَالْقُرْاٰنِۗ وَمَنْ اَوْفٰى بِعَهْدِهٖ مِنَ اللّٰهِ فَاسْتَبْشِرُوْا بِبَيْعِكُمُ الَّذِيْ بَايَعْتُمْ بِهٖۗ وَذٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ
Sesungguhnya Allah membeli dari orang-orang mukmin, baik diri mau-pun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang di jalan Allah; sehingga mereka membunuh atau terbunuh, (sebagai) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil, dan Al-Qur'an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya selain Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan demikian itulah kemenangan yang agung.

(QS. At-Taubah ayat 111)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement