Kamis 18 Jul 2024 17:06 WIB

Golkar Hampir Pasti Usung Kapolda Jateng, Kaesang Menunggu Tim Jakarta dan Jateng Evaluasi

Golkar menyebut Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi mundur dari kepolisian.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Mas Alamil Huda
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi
Foto: Dok Polda Jateng
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk F Paulus menyebut Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi segera pensiun. Nama Luthfi memang digadang-gadang akan berkompetisi di Pilgub Jateng 2024.

Lodewijk menyebut masih menunggu Luthfi pensiun secara resmi dari kepolisian. Sebab Golkar tak ingin mengusung calon kepala daerah yang masih aktif berdinas di polisi.

Baca Juga

"Kita masih menunggu. Karena Pak Luthfi masih anggota Polri aktif. Kan nggak lucu kapolri ngasih perintah, Partai Golkar kasih perintah," kata Lodewijk di DPP Partai Golkar pada Kamis (18/7/2024).

Lodewijk mendapat informasi bahwa Luthfi akan mengakhiri masa kedinasannya di Koprs Bhayangkara dalam waktu dekat ini. Namun Lodewijk belum bisa memastikan tanggalnya.

"Jadi kita sabar. Saya dengar Pak Lutfhi dalam waktu dekat segera akan mengakhiri ikatan dinas, entah pensiun atau pensiun dini kita tunggu aja," ujar Lodewijk.

Lodewijk juga menyebut pengurus Golkar Jateng memang berupaya menjaring sebanyak-banyaknya bakal cagub-cawagub potensial. Sehingga wajar kalau nama Lutfhi mencuat di internal Golkar.

"Setelah dapat calon kalau mekanisme di Golkar itulah dikatakan rekomendasi. Dari DPD Golkar Jateng merekomendasikan Pak Luthfi, terus elektabilitas gimana? Survei. Terus legalitasnya gimana. Dia masih anggota Polri aktif. Berarti belum bisa," ujar

Lodewijk.

Sebelumnya, Indeks Data Nasional (IDN) merilis hasil survei terbarunya terkait Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) 2024. Hasilnya, Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Sudaryono dan Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi elektabilitasnya selisih tipis menjelang pencoblosan pada 27 November 2024.

Dalam simulasi terbuka, elektabilitas Sudaryono berada di urutan kedua setelah Ahmad Luthfi. Dalam beberapa simulasi terbuka, elektabilitas Sudaryono sebesar 9,6 persen berada di posisi kedua dengan menempel Ahmad Luthfi yang berada di posisi pertama sebesar 13,5 persen.

Adapun di peringkat ketiga ditempati oleh wagub Jateng atau pendamping Ganjar Pranowo periode 2018-2023, Taj Yasin Maimoen dengan elektabilitas di angka 4,6 persen.

Survei IDN digelar pada 30 Juni-7 Juli 2024 melibatkan 1.200 responden dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dan melalui metode dipilih secara acak bertingkat atau multistage random sampling.

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

Isyarat Kaesang. Baca di halaman selanjutnya.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَلَمَّا اسْتَا۟يْـَٔسُوْا مِنْهُ خَلَصُوْا نَجِيًّاۗ قَالَ كَبِيْرُهُمْ اَلَمْ تَعْلَمُوْٓا اَنَّ اَبَاكُمْ قَدْ اَخَذَ عَلَيْكُمْ مَّوْثِقًا مِّنَ اللّٰهِ وَمِنْ قَبْلُ مَا فَرَّطْتُّمْ فِيْ يُوْسُفَ فَلَنْ اَبْرَحَ الْاَرْضَ حَتّٰى يَأْذَنَ لِيْٓ اَبِيْٓ اَوْ يَحْكُمَ اللّٰهُ لِيْۚ وَهُوَ خَيْرُ الْحٰكِمِيْنَ
Maka ketika mereka berputus asa darinya (putusan Yusuf) mereka menyendiri (sambil berunding) dengan berbisik-bisik. Yang tertua di antara mereka berkata, “Tidakkah kamu ketahui bahwa ayahmu telah mengambil janji dari kamu dengan (nama) Allah dan sebelum itu kamu telah menyia-nyiakan Yusuf? Sebab itu aku tidak akan meninggalkan negeri ini (Mesir), sampai ayahku mengizinkan (untuk kembali), atau Allah memberi keputusan terhadapku. Dan Dia adalah hakim yang terbaik.”

(QS. Yusuf ayat 80)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement