Jumat 26 Jul 2024 08:44 WIB

Terungkap, Ini Kenapa Pilot Bisa Jadi Satu-satunya Korban Selamat Pesawat Jatuh di Nepal

Kondisi pilot Manish Ratna Shakya dalam keadaan stabil.

Red: Teguh Firmansyah
Pesawat Jatuh (Ilustrasi)
Foto:

Kemungkinan alasan untuk 'kegagalan pendakian' termasuk kegagalan mesin, penilaian berat yang tidak tepat selama perencanaan pra-penerbangan, masalah teknis, atau kesalahan pilot.

Kondisi cuaca pada Rabu pagi merupakan hal umum terjadi pada musim hujan, dengan jarak pandang rendah tetapi tidak ada hujan.

Dirga Bahadur Khadka, paman buyut dari kopilot Sushant Katwal, yang tewas dalam kecelakaan tersebut, menyalahkan maskapai tersebut. "Kami menduga bahwa perusahaan menekan pilot agar menerbangkan pesawat," katanya seperti dikutip oleh The Kathmandu Post.

"Jika tidak, tidak ada yang ingin menerbangkan pesawat dengan masalah teknis. Sebuah pertanyaan juga muncul tentang otoritas penerbangan sipil, regulator sektor penerbangan. Bagaimana mereka bisa mengizinkan pesawat dengan masalah teknis untuk terbang?"

Saurya Airlines dilaporkan telah mengalami kesulitan keuangan selama bertahun-tahun, diperburuk oleh pandemi Covid. Tahun lalu, maskapai ini mengusulkan untuk beralih ke pesawat ATR-72 dan berjanji untuk menegakkan standar keselamatan hingga pesawat baru tiba.

Namun, maskapai tersebut tidak dapat mengamankan investasi yang diperlukan untuk penggantian armada. Penyelidikan akan menentukan penyebab pasti kecelakaan tersebut.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement