Sabtu 27 Jul 2024 07:30 WIB

Resmikan Gudang Buku Rene Turos Group, Ketua IKAPI Jakarta: Berantas Buku Bajakan

IKAPI Jakarta bersama Rene Turos perkuat ekosistem perbukuan.

Red: Erdy Nasrul
Ketua Ikapi Jakarta Hikmat Kurnia menandatangani prasasti peresmian gudang buku Rene Turos Group
Foto: Erdy Nasrul/Republika
Ketua Ikapi Jakarta Hikmat Kurnia menandatangani prasasti peresmian gudang buku Rene Turos Group

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jakarta, Hikmat Kurnia resmikan gudang buku baru kelompok penerbit Rene Turos Group pada Jumat (26/07/2024). Gudang buku ini berlokasi bilangan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Acara peresmian ini dihadiri juga oleh berbagai kalangan insan perbukuan Jakarta.

Dalam sambutannya, Hikmat Kurnia, menyampaikan apresiasinya terhadap Rene Turos Group atas upayanya untuk terus konsisten menerbitkan buku di tengah gempuran bajakan, “Saya salut dengan upaya Rene Turos Group yang terus menerbitkan buku meski banyak judul bestseller-nya banyak dibajak. Sebagai penerbit, kita harus terus membanjiri dunia literasi dengan buku terbitan kita sembari tiada henti memerangi pembajakan.”

Baca Juga

Hikmat Kurnia juga kagum dengan penerbit yang terus bertahan bahkan semakin bertumbuh selepas pandemi seperti Rene Turos Group, “Banyak insan penerbitan yang hanya mengeluh dengan keadaan. Rene Turos Group ini beda, mereka terus berjalan dengan segala rintangan. Sebab penerbit yang hebat bukan yang tidak pernah gagal, tapi yang selalu bangkit ketika gagal.”

Gudang buku baru ini dibangun dengan tujuan meningkatkan efektifitas distribusi buku orisinal yang berkualitas kepada masyarakat luas. Rene Turos Group sendiri menaungi enam penerbit, Turos Pustaka, Renebook, Reneluv, Rene Islam, Renekids, dan Wali Pustaka. Buku yang diterbitkan meliputi berbagai genre buku, mulai dari keislaman klasik dan kontemporer, pengembangan diri, bisnis hingga buku anak dan parenting. menyasar segmen anak-anak, remaja hingga dewasa.

CEO Rene Turos Group, Luqman Hakim Arifin juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan semua pihak yang telah membantu merealisasikan mimpi besar Rene Turos Group, “Kami mempunyai mimpi besar untuk menjadi jembatan akses literasi Indonesia dengan menerbitkan 100.000 judul pada tahun 2045. Mimpi itulah yang bisa membawa kami bisa mencapai titik ini,” tuturnya.

Acara peresmian ini juga dihadiri oleh para undangan seperti penulis, sesama penerbit, mitra reseller, dan ekosistem perbukuan Rene Turos Group yang turut serta mendukung kampanye anti-buku bajakan. “Pada momen ini kami ingin mengirim pesan kepada para pembajak buku bahwa mereka telah banyak merampas hak, tidak hanya penulis dan penerbit tetapi juga seluruh ekosistem penerbitan, terutama para pedagang buku orisinal,” tutup M Farobi Afandi, editorial manager Rene Turos Group.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement