Selasa 30 Jul 2024 08:08 WIB

PM dan Tentara IDF Baku Hantam di Kamp Paling Brutal Israel

Kericuhan dipicu penangkapan tentara Israel yang menganiaya tahanan dari Gaza.

Red: Fitriyan Zamzami
Tentara IDF membawa warga Palestina dari Jalur Gaza untuk dimasukkan ke kamp tahanan.
Foto:

Militer Israel sejauh ini telah mendakwa seorang tentara cadangan dengan tuduhan melakukan pelecehan terhadap tahanan Palestina, kata seorang juru bicara pada hari Selasa, ketika sembilan tentara lainnya muncul di pengadilan militer. Mereka disidang awal atas tuduhan mereka telah melakukan pelecehan seksual terhadap seorang tahanan dari Gaza.

Dakwaan baru tersebut menuduh bahwa tentara yang tidak disebutkan namanya, yang ditugaskan untuk mengawal warga Palestina yang diborgol dan ditutup matanya, menggunakan tongkat dan senapan serbu untuk menyerang tahanan beberapa kali. Dia melakukan ini meskipun pengekangan mereka berarti mereka tidak menimbulkan ancaman, dan dia membuat video kekerasan tersebut.

“Terdakwa menggunakan kekerasan berat terhadap tahanan yang dipercayakan untuk dia jaga,” kata juru bicara IDF. Tentara lain yang ditahan pada hari Senin dituduh memperkosa dan menyerang seorang tahanan Palestina di pusat penahanan Sde Teiman dengan sangat kejam sehingga dia dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis, media Israel melaporkan. Luka-luka yang dialaminya termasuk pecahnya usus, luka parah pada anus dan paru-paru, serta patah tulang rusuk, lapor harian Israel Haaretz.

Seorang dokter yang merawat pria tersebut mengatakan kepada surat kabar tersebut bahwa ketika dia melihat parahnya luka yang dialaminya, dia awalnya berasumsi bahwa luka tersebut disebabkan oleh narapidana lain. “Saya tidak percaya seorang sipir penjara Israel akan melakukan hal seperti itu,” kata Yoel Donchin, yang juga seorang profesor di rumah sakit universitas Hadassah.