Selasa 30 Jul 2024 11:30 WIB

Rossa Sempat Ingin Pensiun Nyanyi dan Pindah ke Luar Negeri

Rossa sempat merasa tak mampu beradaptasi dengan perkembangan musik Indonesia

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Rossa. Rossa mengaku pernah ingin menyudari karier bernyanyi dan pindah ke luar negeri.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Penyanyi Rossa. Rossa mengaku pernah ingin menyudari karier bernyanyi dan pindah ke luar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Rossa merupakan salah satu diva Indonesia yang memiliki pencapaian luar biasa di dunia tarik suara. Namun siapa sangka, pelantun “Tegar” tersebut pernah ingin meninggalkan karier musiknya dan memulai hidup baru di luar negeri.

Rossa mengatakan, opsi untuk berhenti bernyanyi sempat terpikirkan pada 2015 hingga 2016. Kala itu, Rossa merasa sudah jenuh dengan dunia tarik suara serta menganggap dirinya tidak mampu beradaptasi lagi dengan perkembangan musik di Indonesia.

Baca Juga

“Tahun 2015-2016 waktu itu aku merasa enggak tau lagi mau ngapain, dan rasanya lagu-lagu aku udah enggak relevan lagi dengan zaman. Aku bener-bener ngerasa mentok, dan aku kepikiran untuk menyudahi karier aku di industri musik,” kata Rossa dalam konferensi pers All Access to Rossa 25 Shining Years di Plaza Indonesia, Jakarta, Senin (29/7/2024).

Pikiran untuk menyudahi kariernya di dunia musik juga muncul lantaran Rossa merasa minder dengan para penyanyi pendatang baru kala itu. “Dan aku sempat minder, karena saat itu kan banyak penyanyi baru yang bagus-bagus,” kata Rossa.

Tak main-main, saat itu Rossa telah mengomunikasikan rencananya tersebut kepada sang manager. Rossa bahkan ingin menjual semua asetnya yang ada di Indonesia. “Iya saat itu aku sampai bilang gimana kalau aku jual semua aset, terus aku mau pindah ke luar negeri dan mulai hidup baru. Aku kepikiran untuk apply kerja di perusahaan di luar negeri atau apa lah, intinya mulai hidup dari awal lagi,” kata Rossa.

Namun demikian, Rossa akhirnya mengulurkan niat untuk pindah ke luar negeri, setelah tim dan label rekaman berhasil memotivasi sang diva untuk kembali berkarya. Pada 2017, Rossa akhirnya merilis album studio ke-8 bertajuk A New Chapter.

“Kenapa nama albumnya A New Chapter karena memang itu bener-bener turning point bagi karier aku,” kata Rossa.

Rossa menceritakan album tersebut direkam di Los Angeles, Amerika Serikat, dan diproduseri oleh Mitch Allan. Ia mengaku sangat beruntung bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan Mitch Allan. Pasalnya, sang produser juga pernah menggarap sejumlah proyek musik penyanyi internasional seperti Demi Lovato, Kelly Clarkson, hingga Selena Gomez.

“Kan aku itu selalu pengen ada yang beda di setiap karya, enggak mau melakukan hal yang sama. Jadi ketika proses penggarapan album A New Chapter ini aku pun merasa happy karena bisa berkesempatan diproduseri Mitch Allan,” kata dia.

Film dokumenter Rossa All Access to Rossa 25 Shining Years segera tayang di bioskop mulai 1 Agustus 2024. Film ini merangkum perjalanan karier Rossa selama 25 tahun berkarya di dunia musik Tanah Air.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement