Jumat 02 Aug 2024 07:47 WIB

Jerit Pilu Ibu dan Anak di Bandung Sebelum Ditemukan Jadi Kerangka, 'Aku Mau Sekolah'

Korban selama hidup menghadapi kesulitan keuangan.

Rep: Fauzi Ridwan/ Red: Teguh Firmansyah
Sejumlah pesan diduga ditulis oleh dua orang korban Iguh Indah Hayati (55 tahun) dan Elia Putra (24 tahun) yang telah menjadi kerangka manusia terpampang di tembok dinding rumah mereka di Perumahan Tanimulya, Kabupaten Bandung Barat. Pesan tersebut diduga ditujukan untuk suami dan ayah korban Mudjoyo Tjandra.
Foto: Dok Republika
Sejumlah pesan diduga ditulis oleh dua orang korban Iguh Indah Hayati (55 tahun) dan Elia Putra (24 tahun) yang telah menjadi kerangka manusia terpampang di tembok dinding rumah mereka di Perumahan Tanimulya, Kabupaten Bandung Barat. Pesan tersebut diduga ditujukan untuk suami dan ayah korban Mudjoyo Tjandra.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penemuan dua tengkorak manusia di Perumahan Tanimulya Bandung Barat, menyisakan cerita menyedihkan. Dari bukti yang diterima polisi baik itu pesan di tembok dan data di USB memperlihatkan bagaimana kepedihan yang dihadapi oleh ibu dan anak tersebut.

Dari persoalan ekonomi hingga masalah dengan sang ayah/suami korban yang ditengarai memicu kepedihan tersebut.

Baca Juga

Elia Putra (24 tahun) menuliskan rasa pilu dalam pesan ditembok yang tujukan buat sang ayah.

Surat untuk Mudjoyo"

"Kalau buat janji, jangan bikin janji kalau gak bisa menepati janji. Aku mau sekolah katanya mau membiayai sekolah tapi semua itu dusta. Catatan, akan kubawa sampai mati semua janji manismu."

"Aku hanya minta uang sekolah, tapi kau seperti itu, katanya raihlah cita cita setinggi langit tapi kau tidak dukung aku dengan biaya sekolah. Maafkan aku tidak bisa menjadi anak yang sempurna karena manusia tidak ada yang sempurna. Termasuk istrimu saja kau tinggalkan karena kau menuntut dia menjadi sempurna dan menjadi sangat sempurna. Ketahuilah hanya tuhan yang sempurna."

Menurut keterangan polisi, USB yang diperoleh sebaai bukti juga berisi tulisan yang mirip seperti ditembok. Ada rasa kekecewaan besar terhadap keluarga dan kehidupan di dunia ini.

"Isinya berpesan kekecewaan terhadap keluarga, kehidupan. Itu semuanya yang ada di dalam USB," ucap Kapolres Cimahi AKBP Tri Suhartono Kamis (1/8/2024).

Penemuan dua kerangka manusia ini pertama kali diketahui oleh ayah sekaligus suami dari kedua korban. Saat itu sang suami berkunjung ke rumah yang sudah tinggalkan selama enam tahun.

Saat hendak masuk ke rumah menemui anak dan istrinya, kondisi pintu pagar tergembok. Sang suami lantas meminta bantuan RT dan warga setempat untuk menjebol rumah dan ditemukan dua kerangka manusia.

Kedua kerangka itu ditemukan terbaring di tempat tidur. Warga tidak mengetahui kondisi korban karena selama ini mereka jarang bergaul. Di sisi lain, warga tidak merasa mencium adanya bau busuk.

Kesulitan keuangan

Polisi mengungkapkan dua orang yang ditemukan telah menjadi kerangka manusia di sebuah rumah di Perumahan Tanimulya mengalami kesulitan keuangan semasa hidupnya. Identitas mereka diketahui Indah Hayati (55 tahun) dan Elia Imanuel Putra (24 tahun).

AKBP Tri Suhartono membenarkan bahwa kedua korban semasa hidupnya sempat mengalami kesulitan keuangan. Selain itu, mereka pun sempat dibantu oleh para tetangga di sekitarnya. "Iya (betul)," ucap Tri saat dikonfirmasi, Rabu (31/7/2024).

Informasi yang dihimpun, keduanya sempat mengalami kesulitan keuangan. Bahkan, mereka pun beberapa kali menerima bantuan dari warga setempat.

Diketahui jika korban Indah Hayati merupakan istri kedua dari suaminya Mudjoyo Tjandra. Namun mereka berpisah sejak tahun 2015 dan terakhir berkomunikasi tahun 2018.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement