Kamis 08 Aug 2024 05:46 WIB

Penelitian: Paling Dermawan, Muslim Inggris Menyumbang Empat Kali Lebih Banyak

Umat Islam di Inggris disebut sebagai kelompok paling dermawan di Ingggris.

Red: Muhammad Hafil
Lebih dari 500 Muslim Inggris dan teman-teman non-Muslim berkumpul untuk merayakan kegiatan berbuka #OpenIftar selama bulan Ramadhan di pelataran Royal Albert Hall, Ahad (9/4/2023).
Foto: PA
Lebih dari 500 Muslim Inggris dan teman-teman non-Muslim berkumpul untuk merayakan kegiatan berbuka #OpenIftar selama bulan Ramadhan di pelataran Royal Albert Hall, Ahad (9/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Umat Islam di Inggris disebut sebagai kelompok paling dermawan di Ingggris. Berdasarkan penelitian, mereka mendonasikan empat kali lebih banyak dari rata-rata orang Inggris yang memberikan sumbangan.

Konsultan Blue State melaporkan, rata-rata Muslim Inggris menyumbang 708 poundsterling per orang selama 12 bulan. Jumlah ini lebih luas dibandingkan dengan orang Inggris yang menyumbangkan 165 poundsterling.

Baca Juga

Para peneliti melihat hal ini terjadi di semua kelompok pendapatan umat Muslim. Mulai dari yang memiliki penghasilan terendah hingga tertinggi antara 75.000-100.000 poundsterling.

Laporan tersebut juga menyebutkan umat ​​Muslim di Inggris kemungkinan dua kali lebih besar dibandingkan rata-rata warga Inggris lainnya untuk mengumpulkan dana melalui acara-acara komunitas. Di antaranya seperti lari marathon.

Kepala eksekutif Muslim Charities Forum (MCF)

Fati Itani, mengatakan tidak terkejut dengan temuan tersebut. "Sangat menggembirakan melihat laporan ini tentang kemurahan hati Muslim Inggris yang memberi," ujarnya seperti Civilsociety.co.uk, Rabu (7/8/2024),

Zakat

Untuk zakat, salah satu kewajiban dalam Islam untuk berderma, sebanyak 61 persen Muslim Inggris mendonasikan di lembaga amal Islam dan 14 persen di lembaga amal sekuler. Bagaimanapun, satu dari dua Muslim di Inggris mengatakan mereka terbuka untuk memberikan zakat kepada lembaga amal non-keagamaan.

Hampir separuh Muslim Inggris mengatakan mereka membayar zakat dalam beberapa kali pembayaran. Ini mengindikasikan lembaga amal menerima donasi dari masing-masing individu Muslim.

Sebanyak 73 persen responden survei mendonasikan nilai yang sama dengan zakat mereka kepada badan amal sepanjang tahun, atau bahkan lebih. 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement