Rabu 14 Aug 2024 12:30 WIB

Prestise dan Profesional, Ini Manfaat Punya Gelar Doktor S3

Memilih untuk mengejar gelar doktoral menjadi keputusan besar.

Red: Ahmad Fikri Noor
Memilih untuk mengejar gelar doktoral menjadi keputusan besar yang memerlukan pertimbangan matang mengenai tujuan karier, minat penelitian, dan komitmen waktu.
Foto: UNM
Memilih untuk mengejar gelar doktoral menjadi keputusan besar yang memerlukan pertimbangan matang mengenai tujuan karier, minat penelitian, dan komitmen waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pendidikan tertinggi masa perkuliahan yakni program S3. Program ini sering disebut doktoral. Bila hendak mendapat gelar Pendidikan doktoral, sebelumnya harus mengenyam pendidikan Sarjana dan Magister. Kegiatan utama yang dilakukan saat menjalani pendidikan Doktoral adalah sering membuat penelitian. Para lulusannya harus memberikan sumbangan besar untuk pengembangan teknologi, ilmu pengetahuan, dan seni. Program Doktoral ini, biasanya diikuti oleh banyak kalangan, mulai dari akademisi sampai orang-orang yang memiliki karir di bidang pendidikan atau pengetahuan.

Gelar Doktoral (S3) tidak hanya tentang pencapaian akademik, tetapi juga memiliki berbagai manfaat dan alasan mengapa seseorang memilih untuk mengejarnya. Berikut alasannya mengapa harus bergelar Doktoral (S3):

Baca Juga

1. Kepakaran dan Keahlian: Gelar doktoral memungkinkan untuk menjadi ahli dalam bidang studi tertentu. Penelitian mendalam yang dilakukan selama kuliah S3 memberikan pengetahuan dan keahlian yang sangat spesifik.

2. Kontribusi pada Ilmu Pengetahuan: Program doktoral memberikan kesempatan untuk melakukan penelitian asli dan membuat kontribusi baru pada bidang keilmuan. Ini memungkinkan mahasiswa S3 mampu memecahkan masalah yang belum terpecahkan atau mengembangkan teori baru.