Ahad 18 Aug 2024 13:07 WIB

UMJ Resmi Terima Pengelolaan Rusunawa dari Kementerian PUPR

Kegiatan itu bersamaan dengan acara peringatan Hari Perumahan Nasional 2024.

Red: Ahmad Fikri Noor
Penyerahan secara simbolis Berita Acara Serah Terima Pengelolaan Rumah Susun kepada Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasy, M.Si di Ruang Serba Guna Rusunawa UMJ, Ahad (18/8/2024)
Foto: UMJ
Penyerahan secara simbolis Berita Acara Serah Terima Pengelolaan Rumah Susun kepada Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasy, M.Si di Ruang Serba Guna Rusunawa UMJ, Ahad (18/8/2024)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) resmi menerima pengelolaan penggunaan Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ahad (18/8/2024). Penyerahan secara simbolis ditandai dengan penyerahan Berita Acara Serah Terima Pengelolaan Rumah Susun dan Surat Izin Penggunaan Bangunan Rumah Susun Penyerahan dari Kementerian PUPR kepada UMJ di Ruang Serba Guna Rusunawa UMJ.

Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasy, M.Si. secara simbolis menerima BAT (Berita Acara Terima) dari Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Ir. Abraham Elsajaya Barus, M. Eng.Sc.

Baca Juga

Pada kesempatan itu, Ma'mun berkesempatan berinteraksi dengan Menteri PUPR Dr. Ir. H. Mochammad Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., yang ada di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur melalui telekonferensi.

“Terima kasih atas bantuan pembangunan Rusunawa untuk UMJ. Insya Allah kami akan langsung melakukan peresmian bangunan ini kami bermaksud mengundang Pak Basuki untuk hadir,” ucap Ma’mun.

Kegiatan itu bersamaan dengan acara peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2024 yang mengusung tema Digitalisasi Perumahan. Peringatan Hapernas 2024 digelar dengan melakukan penanaman pohon di sekitar Gedung Rusunawa UMJ.

Tidak hanya di UMJ, Kementerian PUPR menggelar penanaman pohon secara serentak di 16 balai penyedia perumahan yang tersebar di seluruh Indonesia. Terdapat 16 pohon yang ditanam di sekitar Rusunawa UMJ.

Rektor serta para Wakil Rektor dan jajaran pimpinan Kementeria PUPR yang hadir menanam pohon bersama didampingi oleh mahasiswa UMJ.

Pada kesempatan yang sama, Setjend PUPR Hidayat menjelaskan, pendirian ini merupakan salah satu program dari kementerian PUPR untuk memberikan bantuan pendirian rumah susun bagi Universitas dan lembaga lainnya.

Penanaman pohon yang dilakukan dalam rangka HAPERNAS ini merupakan salah satu program Kementerian PUPR. Program tersebut dilakukan karena pendirian pembangunan bantuan rusunawa memerlukan pelestarian terhadap lingkungan sekitarnya.

"Ini tugas langsung dari Pak Menteri (Basuki) bahwa harus tetap memperhatikan lingkungan. Penanaman ini juga membantu kita untuk membantu menurunkan suhu bumi," jelasnya.

Dalam sesi lain, Staf Teknis Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Nandaka Ekacarana mengatakan, UMJ terpilih menjadi salah satu penerima bantuan pembangunan rusunawa sudah melewati berbagai proses verifikasi mulai dari administrasi, tinjauan lapangan serta tujuan pendirian bangunan. Ia berharap rusunawa ini dapat diperuntukan sesuai dengan tujuan awal pembangunan.

"Ini merupakan salah satu program kami memberikan bantuan pendirian rusunawa kepada universitas maupun lembaga dengan berbagai proses yang harus dilalui," ungkapnya saat diwawancarai usai kegiatan.

photo
Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) resmi menerima pengelolaan penggunaan Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ahad (18/8/2024). - (UMJ)

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor I UMJ Dr. Muhammad Hadi, S.KM., M.Kes., Wakil Rektor II UMJ Dr. Ir. Mutmainah, MM., Wakil Rektor III UMJ Dr. Rini Fatma Kartika, S.Ag., MH., Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Candra, SH.MH., Staff Ahli Menteri PUPR Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Ir. Abraham Elsajaya Barus, M. Eng.Sc., Staff Ahli Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga Ir. K.M Arsyad, M.Sc, dan serta jajaran kementerian PUPR lainnya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement