Sabtu 24 Aug 2024 14:35 WIB

Apakah Mau Menurut dengan Megawati Jika Jadi Cagub? Ini Jawaban Anies

Anies memuji konsistensi PDIP yang mengawal konstitusi.

Red: Teguh Firmansyah
Cagub DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan disambut Sekretaris Bidang Internal PDIP DKI Jakarta Bambang Mujiono di kantor PDIP Jakarta, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (24/8/2024).
Foto: Republika.co.id/Bayu Adji Prihammanda
Cagub DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan disambut Sekretaris Bidang Internal PDIP DKI Jakarta Bambang Mujiono di kantor PDIP Jakarta, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (24/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anies Baswedan menyambangi kantor DPD PDIP Jakarta, Ahad (24/8/2024). Kehadiran Anies terkait dengan Pilkada Gubernur 2024.

Selepas pertemuan itu, seorang wartawan sempat bertanya, apakah Anies akan nurut dengan Megawati sebagai salah satu bentuk syarat dukung?

Baca Juga

Anies menjawab secara diplomatis. Menurut Anies, semua menyadari bahwa beliau (Megawati Soekarnoputri) selalu merujuk pada keberpihakan kepada amanat konstitusi cita-cita bernegara.

"Cita-cita untuk mewujudkan Indonesia yang nersatu, beragama dan bersama, itu yang kita jadi rujukan bersama-sama," ujar Anies selepas pertemuan.

Anies pun memuji konsistensi PDIP dalam mengawal konstitusi menyangkut konstelasi yang terjadi beberapa waktu terakhir. Ia juga memuji gerakan sipil masyarakat, mahasiswa, hingga anak STM yang turun ke jalan menyuarakan penegakan demokrasi.  "Ini yang kita hargai, penjaga konstitusi adalah penjaga negara," ujarnya.

Sebelumnya Ketum PDIP Megawati menceritakan, jelang ke Kantor DPP PDI Perjuangan di Jalan Diponegoro 58, Menteng, Jakarta Pusat, dia melihat adanya para kadernya yang berseragam hitam. Megawati lalu menanyakan itu kepada salah-satu orang kepercayaannya di partai, Komarudin Watubun yang juga merupakan salah-satu ketua DPP PDI Perjuangan.

“Saya tanya si Komar, itu satgas apa? kok namanya satgas hitam ya? Katanya Pak Komar, ‘oh satgasnya mau dukung Pak Anies itu Bu’. Oh begitu?,” kata Megawati.

Lalu Megawati menyampaikan soal dukungan terhadap Anies Baswedan itu.

“Aku bilang, ‘enak saja ya, ngapain gue (saya) disuruh dukung Pak Anies?,” ujar Megawati.

Karena kata Megawati, bukan perkara mudah bagi Anies Baswedan jika menjadikan PDI Perjuangan sebagai mitra untuk Pilkada Jakarta. Apalagi mengingat Anies Baswedan, bukanlah kader dari Banteng Moncong Putih. Namun begitu, mantan Presiden ke-5 RI itu, memberikan harapan untuk Anies Baswedan. Tetapi, Megawati memberikan syarat yang tak gampang.

“Dia benar nih kalau mau sama PDI (Perjuangan)? Kalau mau jangan kayak begitu dong ya. Mau nggak nurut ya?,” begitu kata Megawati. Ucapan Megawati itu, pun disambut riuh para kadernya dengan tepuk tangan. “Iya, dong,” tegas Megawati.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement