Jumat 30 Aug 2024 22:39 WIB

Ridwan Kamil: Saya yang Dulu dengan Sekarang Berbeda

Ridwan Kamil mengaku telah meminta maaf atas kicauannya terdahulu.

Red: Teguh Firmansyah
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil mengatakan bahwa dirinya bersama bakal calon wakil gubernur Suswono telah  menerima surat keputusan resmi B1 KWK  dari partai Gerindra untuk maju di Pilkada DKI Jakarta.
Foto: Republika/Surya Dinata
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil mengatakan bahwa dirinya bersama bakal calon wakil gubernur Suswono telah menerima surat keputusan resmi B1 KWK dari partai Gerindra untuk maju di Pilkada DKI Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Bakal calon gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil, menanggapi kembali unggahan lamanya di media sosial Twitter (sekarang X) yang viral. Ia mengaku bahwa sosoknya dahulu berbeda dengan yang sekarang setelah menjadi pejabat publik.

“Saya dulu dengan yang sekarang setelah menjadi pejabat publik ‘kan beda. Saya dulu memang pemarah, twit lawasnya muncul lagi,” kata Ridwan Kamil dalam dialog di Golkar Institute bertajuk Kepemimpinan Transformatif Berbasis Karya yang diikuti secara daring dari Jakarta, Jumat.

Baca Juga

Ridwan Kamil menjelaskan bahwa dia sejatinya telah meminta maaf atas cuitan lamanya itu. Dia mengaku telah bertransformasi.

“Sebenarnya saya sudah minta maaf. Sudah minta maaf tiga kali. Minta maaf di 2013, waktu nyalon wali kota. Udah minta maaf 2018, kok muncul lagi? Minta maaf lagi kemarin, 2024,” katanya.

Mantan Gubernur Jawa Barat itu mengaku pernah menjadi bagian dari masyarakat yang mengekspresikan pendapat lewat aksi demonstrasi.

 Lalu, ia memutuskan masuk ke dalam sistem pemerintahan untuk memperbaiki keadaan yang juga membentuk dirinya sebagai pribadi bijak.

“Dulunya saya 'kan tukang demo juga, tapi saya harus mengubah negeri ini melalui masuk ke sistem. Setelah [masuk] sistem ‘kan enggak ada konten-konten twit yang kontroversi karena saya sudah bertransformasi: lebih bijak, lebih terukur,” ujarnya.

Namun demikian, Ridwan Kamil tidak mempermasalahkan twit lamanya yang kembali diungkit oleh warganet.

Menurut dia, hal tersebut biasa terjadi dalam proses kontestasi politik. “Lagi kontestasi mah orang nyari jelek. Enggak masalah,” ucap dia.

Diketahui, sejumlah cuitan lama Ridwan Kamil di Twitter kembali viral beberapa waktu lalu. Ramai warganet mengunggah dan membagikan ulang twit lawas RK, termasuk di antaranya terkait kritik terhadap Kota Jakarta.

Kemudian, Ridwan Kamil mengunggah permintaan maaf lewat akun X resminya @ridwankamil pada Minggu (25/8). Ia mengaku kurang bijak dalam berekspresi di media sosial ketika itu dan belajar banyak dari proses tersebut.

“Maafkan aku yang dulu. Mari kita move on (beranjak),” katanya.

Ridwan Kamil merupakan bakal calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024 yang berpasangan dengan Suswono sebagai bakal calon wakil gubernur. Keduanya resmi mendaftar ke KPU DKI Jakarta pada Rabu (28/8).

Pasangan RK-Suswono didukung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai NasDem, Partai Persatuan Pembangunan, Perindo, Partai Gelora, Partai Garuda, Partai Bulan Bintang, Prima, dan Partai Kebangkitan Nusantara.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement