Selasa 03 Sep 2024 06:10 WIB

Pramono Ingin Realistis dan Relevan, Bang Emil Berencana Hijaukan Jakarta Tiga Kali Lipat

Yang menjadi kebutuhan mutlak masyarakat di Jakarta adalah transportasi publik.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Ondel-ondel dan palang pintu sambut kedatangan cagub dan cawagub Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono dalam acara Deklarasi Relawan BERKAH, di Bambu Apus, Jakarta Timur, Ahad (1/9/2024).
Foto: Republika/Fitriyanto
Ondel-ondel dan palang pintu sambut kedatangan cagub dan cawagub Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono dalam acara Deklarasi Relawan BERKAH, di Bambu Apus, Jakarta Timur, Ahad (1/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Calon gubernur (cagub) Jakarta, Pramono Anung tak ingin menawarkan program kerja yang muluk-muluk untuk Jakarta jika diberikan mandat kemenangan dalam Pilkada Jakarta 2024. Apa yang ditawarkan olehnya bersama calon wakil gubernur (cawagub) Rano Karno, harus sesuatu yang nyata-nyata dan relevan untuk kebutuhan masyarakat Jakarta.

Pasangan cagub-cawagub dari PDI Perjuangan itu mencontohkan program realistis yang menjadi kebutuhan mutlak masyarakat di Jakarta adalah transportasi publik. Pun juga sarana transportasi publik yang menghubungkan dari dan ke wilayah-wilayah satelit di pinggiran Jakarta. Pramono mengatakan, kebijakan perluasan jaringan transportasi publik yang sudah digagas oleh gubernur-gubernur sebelumnya, harus dilanjutkan.

Baca Juga

“Contohnya Transjakarta. Itu kan dari zaman Pak Sutiyoso, termasuk masuk LRT misalnya. Ini kan yang menjadi problem kalau orang tinggal di Tangerang Selatan, atau di Bekasi, kan belum nyambung sepenuhnya. Termasuk LRT, yang kemarin ada usulan untuk bisa diperpanjang sampai ke Tangerang Selatan,” begitu kata Pramono, Senin (2/9/2024).

Memperpanjang rute transportasi publik dari dan menuju ke Jakarta itu, Pramono mengatakan, akan terus disempurnakan. “Hal-hal yang mendasar seperti itulah, salah satu yang menjadi pegangan saya untuk mengambil kebijakan, jika dipercaya (memenangi Pilkada Jakarta). Karena saya tidak akan melakukan kebijakan-kebijakan yang muluk-muluk tetapi tidak bisa dikerjakan. Yang lebih riil saja. Apa yang menjadi keinginan masyarakat di lapangan, itulah yang akan kita (Pramono-Rano) kerjakan,” begitu ujar Pramono.

Dia melanjutkan, program lain yang ditawarkan jika memenangkan Pilkada Jakarta, pun tak perlu ada yang menjadi paling prioritas. Karena menurutnya, gubernur-gubernur terdahulu sudah memberikan prioritas yang menyeluruh terhadap semua permasalahan yang ada di Jakarta selama ini.

“Kalau sudah berani menjadi gubernur Jakarta, nggak boleh ada prioritas. Karena permasalahan di Jakarta itu, terlalu kompleks, terlalu banyak. Dan semua yang kompleks dan banyak itu, adalah prioritas,” begitu kata Pramono menambahkan.

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

Ridwan Kamil inging hijaukan Jakarta.. baca di halaman selanjutnya.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement