Senin 09 Sep 2024 18:25 WIB

Turki Upayakan Bawa Jenazah Aktivis Amerika yang Dibunuh Sniper Israel

Warga Palestina di Tepi Barat juga akan menggelar pemakaman untuk Eygi pada Senin.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Aysenur Ezgi Eygi,  aktivis Turki-AS yang dibunuh pasukan Israel di Tepi Barat, Jumat (6/9/2024).
Foto: X
Aysenur Ezgi Eygi, aktivis Turki-AS yang dibunuh pasukan Israel di Tepi Barat, Jumat (6/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Pihak berwenang Turki tengah berupaya membawa jenazah Aysenur Ezgi Eygi, aktivis Turki-Amerika yang ditembak mati oleh penembak jitu (sniper) Israel di Tepi Barat pada Jumat lalu. Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Turki, Oncu Keceli mengatakan jenazah Ezgi Eygi akan dibawa ke Turki pada Senin (9/9/2024).

"Penyeberangan darat dari Palestina ke Yordania ditutup oleh Israel sejak kemarin. Atas permintaan keluarganya, kami tengah mengupayakan opsi membawa jenazah langsung ke Turki dengan pesawat untuk menghindari penundaan lebih lanjut,” kata Keceli dalam sebuah pernyataan di X, dikutip dari laman Daily Sabah, Senin (9/9/2024).

Baca Juga

Konsulat Turki di Yerusalem tengah berkomunikasi dengan pihak berwenang setempat untuk menyelesaikan proses tersebut sesegera mungkin. Konsulat Turki di Los Angeles tengah mengoordinasikan perjalanan keluarga Eygi ke Turki.

Warga Palestina di Tepi Barat juga akan menggelar pemakaman untuk Eygi pada Senin. Iring-iringan militer akan membawa jenazah Eygi keluar dari Rumah Sakit Rafidia ke ambulans yang berjarak satu kilometer dan prosedur resmi untuk memindahkan jenazahnya akan dimulai.