Selasa 10 Sep 2024 21:44 WIB

Nabi Muhammad Turun ke Liang Lahat Sahabat Ini, Siapa?

Abdullah bin Masud pun ingin dirinya yang ada di liang lahat itu.

Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad
Foto: Dok Republika
Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID,TAIF– Zeorang anak bernama Abdul Uzza bin Abd Naham Al Muzani, seorang yang lahir tidak jauh sebelum waktu kelahiran Nabi Umat Islam, Muhammad SAW.

Dikisahkan, ayah dan ibu Abdul Uzza tergolong sebagai orang miskin, sehingga hidup keluarga ini serba kesulitan. Kesulitan bertambah ketika ayah bocah ini meninggal dunia saat ia belum dapat berjalan. Jadilah dia, selain sebagai bocah fakir, ia pun kini menjadi anak yatim.

Baca Juga

Namun kondisinya berubah saat paman dari Abdul Uzza datang untuk merawatnya. Pamannya adalah orang kaya yang belum juga mempunyai anak atau yang dapat mewarisi hartanya. Maka ia begitu senang dengan keponakannya ini, Abdul Uzza diperlakukan seolah dia adalah anaknya sendiri.

Bertahun-tahun kemudian, saat Abdul Uzza beranjak dewasa, ia tiba-tiba mendengar tentang seseorang yang mengaku Nabi sedang disambut oleh penduduk Yatsrib dengan suka cita. Informasi itu sangat membuatnya tertarik sehingga banyak mencari informasi tentangnya dari banyak tempat. Seringkali, ia hanya berdiam diri sepanjang hari di tengah jalan yang menuju Madinah agar dapat bertanya kepada orang yang menuju atau dari Madinah tentang agama baru dan para pengikutnya.