Kamis 12 Sep 2024 07:29 WIB

Cawagub Kun Wardana Punya Banyak Ide Atasi Banjir Jakarta, Salah Satunya Memindahkan Awan

Alat itu dapat digunakan untuk memecah awan, sehingga tidak terjadi hujan.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andri Saubani
Bakal cawagub Jakarta Kun Wardana Abyoto saat melakukan pertemuan dengan Forum Solidaritas Masyarakat Nusantara di Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2024).
Foto: Bayu Adji/Republika
Bakal cawagub Jakarta Kun Wardana Abyoto saat melakukan pertemuan dengan Forum Solidaritas Masyarakat Nusantara di Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta Kun Wardana Abyoto mengungkapkan salah satu gagasannya untuk mengatasi banjir yang menjadi masalah klasik di Jakarta. Menurut dia, masalah itu sudah dapat diatasi dengan menggunakan teknologi. 

Ia menjelaskan, saat ini sudah ada alat yang dapat digunakan untuk memindahkan awan. Alat itu disebut bisa memindahkan atau menecah awan yang berpotensi menurunkan hujan lebat. Dengan alat itu, ia mengeklaim hujan besar tidak akan terjadi, sehingga tak menimbulkan banjir.

Baca Juga

"Sudah ada alat sekarang, alatnya sudah canggih. Jadi bisa memindahkan awan tadi agar tidak terjadi curah hujan terlampau tinggi," kata dia saat melakukan sosialisasi kepada warga, Rabu (11/9/2024).

Ketika awan yang akan menimbulkan hujan sudah dapat diprediksi, alat itu dapat digunakan untuk memecah awan, sehingga tidak terjadi hujan. Alat itu disebut bisa juga digunakan di Bogor, yang selama ini dinilai mengirimkan banjir susulan ke wilayah Jakarta.