Kamis 12 Sep 2024 18:37 WIB

NewJeans Akhirnya Buka Suara dan Layangkan Protes ke Hybe, Ini Isinya

Member NewJeans mengungkap kegelisahan terhadap karier mereka di siaran live.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop NewJeans.  Para member NewJeans yakni Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein, akhirnya bersuara.
Foto: EPA-EFE/YONHAP
Grup K-pop NewJeans. Para member NewJeans yakni Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein, akhirnya bersuara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang perseteruan antara Hybe dan mantan CEO ADOR sekaligus direktur kreatif NewJeans, Min Hee-jin, girl group ini sebagian besar memilih diam. Namun, pada Rabu pagi (11/9/2024), para member NewJeans yakni Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein, akhirnya bersuara.

Dalam sebuah unggahan yang kini telah dihapus di akun Twitter mereka, grup tersebut membagikan tautan YouTube yang mengarah pada livestream di akun YouTube yang sudah tidak dapat diakses lagi bernama “nwjeans”. Selama sekitar 30 menit, kelima member mengungkap kegelisahan akan masa depan karier mereka, kekhawatiran untuk terus bekerja di bawah naungan Hybe, serta berbagi cerita yang belum pernah mereka sampaikan sebelumnya.

Baca Juga

Menurut laporan Billboard, semua member NewJeans duduk di ruangan sederhana dengan buku catatan, kertas, dan iPad selama siaran langsung. Anggota termuda NewJeans, Hyein, membuka pembicaraan dengan menjelaskan bahwa beberapa staf yang mereka percaya telah membantu mengatur lokasi dan siaran langsung ini.

Selanjutnya, Haerin menyebut bahwa pemberitaan media yang terkait dengan situasi NewJeans kian invasif ketika rekam medis pribadi dan video masa trainee mereka di Hybe bocor di internet. Saat debut pada Juli 2022, empat dari lima member NewJeans masih berusia di bawah 18 tahun. Namun ketika para member, orang tua, dan Min Hee-jin mengajukan keluhan kepada Hybe, perusahaan K-pop tersebut tidak mengambil tindakan apapun.