Senin 16 Sep 2024 06:30 WIB

Keajaiban Iringi Lahirnya Rasulullah

Nabi Muhammad SAW lahir dalam keadaan bersujud dan sudah dikhitan.

Red: Hasanul Rizqa
Ilustrasi Rasulullah SAW.
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Rasulullah SAW.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jalaluddin as-Suyuti dalam Khasaishul Kubra mengatakan, Nabi Muhammad SAW lahir tidak seperti umumnya bayi biasa. Begitu keluar dari rahim Aminah binti Wahb, bayi ini dalam kondisi sujud dan lalu mengangkat kedua tangannya, selayaknya orang sedang berdoa. Rasul SAW pun lahir dalam keadaan sudah dikhitan.

Menurut Syekh Sulaiman al-Bujairami, seperti dinukil dari laman Nahdlatul Ulama (NU) Online, selain Nabi Muhammad SAW, ada 14 nabi yang diciptakan atau lahir dalam keadaan demikian. Mereka adalah Nabi Adam, Nabi Syits, Nabi Nuh, Nabi Hud, Nabi Shaleh, Nabi Luth, Nabi Syu’aib, Nabi Yusuf, Nabi Musa, Nabi Sulaiman, Nabi Zakaria, Nabi Yahya, Nabi Isa, dan Nabi Handzalah bin Shafwan.

Baca Juga

Hal unik lainnya adalah, beliau menjadi insan pertama yang memakai nama muhammad. Kata itu berasal dari bentuk hamdun yang berarti ‘pujian.’ Sang kakek, Abdul Muthallib adalah pemberi nama tersebut.

Sebelumnya, kakek Rasulullah SAW itu bermimpi melihat rantai-rantai perak keluar dari punggungnya. Setiap ujungnya membentang ke segala arah penjuru mata angin dan tegak lurus ke langit. Kemudian, rantai itu berubah menjadi pohon berdaun lebat serta memancarkan cahaya. Seluruh manusia berteduh di bawah kerindangannya.