Rabu 18 Sep 2024 10:31 WIB

Dokter Sebut Anak 1 Tahun Sebaiknya 'tak makan' Bubur Lagi

Menurut dokter, gizi seimbang sangat memengaruhi perkembangan motorik anak.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Anak belajar jalan (ilustrasi). Salah satu faktor yang dinilai sangat memengaruhi perkembangan motorik ini adalah gizi seimbang.
Foto: www.freepik.com
Anak belajar jalan (ilustrasi). Salah satu faktor yang dinilai sangat memengaruhi perkembangan motorik ini adalah gizi seimbang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perkembangan motorik anak menjadi salah satu tahapan pertumbuhan anak yang perlu diperhatikan orang tua. Mulai dari gerakan pertama mengangkat kepala hingga berlari mengejar bola, setiap tahap perkembangan motorik merupakan tonggak penting dalam pertumbuhan anak. Salah satu faktor yang dinilai sangat memengaruhi perkembangan motorik ini adalah gizi seimbang.

Dokter spesialis anak dr Amanda Soebadi, Sp.A(K), M.Med (ClinNeurophysiol) mengingatkan orang tua bahwa gizi seimbang berperan terhadap perkembangan motorik anak. "Bentuk nutrisi sesuai perkembangan anak, misalnya anak 1 tahun sudah tidak makan bubur lagi," kata Amanda, Sekretaris Unit Kerja Koordinasi Ikatan Dokter Anak Indonesia, saat diskusi daring yang diikuti dari Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Baca Juga

Pengaruh nutrisi terhadap perkembangan motorik anak, menurut Amanda, berhubungan dengan otak, yang menjadi pemicu gerak motorik. Ukuran dan jumlah sambungan antarsel saraf otak dipengaruhi oleh nutrisi yang seimbang dan cukup.

Amanda mengingatkan tidak ada makanan atau suplemen tertentu yang bisa membuat perkembangan motorik anak menjadi sangat baik atau di atas rata. Tidak hanya nutrisi yang optimal, stimulasi juga tidak kalah penting untuk perkembangan motorik anak. Stimulasi dipengaruhi oleh pola asuh orang tua.