Kamis 19 Sep 2024 06:29 WIB

Kereta Whoosh Beroperasi Normal Usai Gempa Bandung

KCIC telah melakukan pemeriksaan intensif terhadap seluruh jalur kereta.

Red: Ani Nursalikah
Pramugari kereta bersiap menyambut kedatangan penumpang kereta cepat WHOOSH di Stasiun Halim, Jakarta, Selasa (17/10/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pramugari kereta bersiap menyambut kedatangan penumpang kereta cepat WHOOSH di Stasiun Halim, Jakarta, Selasa (17/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau Whoosh normal kembali pada hari Kamis pascagempa bumi mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/9/2024).

Seluruh jalur kereta, menurut manajemen PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), telah diperiksa secara keseluruhan dan dinyatakan aman untuk dilalui. General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan telah melakukan pemeriksaan intensif terhadap seluruh jalur kereta, termasuk jembatan, terowongan, dan jalur di atas tanah.

Baca Juga

Pemeriksaan itu juga menggunakan kereta inspeksi yang dilengkapi dengan berbagai sensor untuk mendeteksi potensi kerusakan pada infrastruktur.  

"Masyarakat tidak perlu khawatir terkait dengan operasional Whoosh setelah gempa. KCIC sudah melakukan pemeriksaan secara mendetail dengan berbagai peralatan berteknologi tinggi untuk memastikan keselamatan perjalanan Whoosh," kata Eva dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis dini hari (19/9/2024).