Kamis 19 Sep 2024 13:36 WIB

Kisah Pakaian Mengganggu Khusyuknya Shalat Nabi

Rasulullah SAW kemudian menghadiahkan pakaian itu kepada orang lain.

Red: Hasanul Rizqa
Ilustrasi Rasulullah SAW
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Rasulullah SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada suatu hari, Nabi Muhammad SAW menerima hadiah dari seorang sahabat beliau, Abu Jahm bin Abu Hudzaifah. Pemberian itu merupakan pakaian khamishah, yakni sejenis kain atau mantel yang sangat halus serta berhiaskan renda-renda atau manik-manik. Singkatnya, benda itu sangat indah dan sedap dipandang mata.

Setelah menerima hadiah tersebut, beliau dan kaum Muslimin mendengar suara azan. Maka berangkatlah Rasul SAW ke masjid untuk memimpin shalat. Ibadah berjamaah itu tampaknya berjalan normal, seperti biasa. Namun, keadaannya berbeda bagi sang imam.

Baca Juga

Usai shalat, Nabi SAW langsung memasuki kamarnya dan mengambil khamishah tersebut. Kemudian, beliau memberikan benda bagus itu kepada para sahabatnya sembari berpesan, “Pergilah kalian kepada Abu Jahm dengan membawa pakaian ini. Sebab, baru saja khamishah ini mengganggu shalatku.”

Sejumlah orang lantas diutus beliau untuk menemui Abu Jahm. Kepada sang pemberi hadiah, beliau meminta agar khamishah tadi ditukar dengan anbijaniyyah. Jenis pakaian itu agak serupa dengan khamishah, tetapi tanpa renda dan manik-manik.