Senin 23 Sep 2024 17:10 WIB

PLN EV Conversion Race 2024 Sukses Besar, Motor Listrik Konversi Bersinar di Sentul

Ajang ini menjadi balap motor listrik konversi pertama di Dunia.

Red: Gita Amanda
Para pembalap memacu motor listrik konversinya untuk menjadi yang tercepat mengitari sirkuit.
Foto: PLN
Para pembalap memacu motor listrik konversinya untuk menjadi yang tercepat mengitari sirkuit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PLN (Persero) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) sukses menggelar putaran pertama PLN EV Race Conversion 2024 di Sentul International Karting Circuit, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Ahad (22/9/2024). Ajang ini menjadi balap motor listrik konversi pertama di Dunia.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan, event ini diharapkan semakin mendorong masyarakat menggunakan kendaraan listrik, salah satunya melalui konversi motor listrik. Langkah ini kata Dadan, sebagai upaya pemerintah meningkatkan ketahanan energi sekaligus menurunkan emisi karbon.

Baca Juga

"Pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM terus mencari cara untuk dua hal. Yang pertama adalah meningkatkan ketahanan energi dan yang kedua menurunkan emisi. Ini harus dilakukan sekaligus," ucap Dadan.

Dadan mengatakan, antusiasme masyarakat yang menyaksikan langsung ajang PLN EV Conversion Race putaran pertama sangat tinggi. Tidak kurang dari 800 penonton memadati area Sentul International Karting Circuit. Ia pun berharap, melalui PLN EV Conversion Race 2024 ini masyarakat semakin yakin motor hasil konversi listrik tidak kalah dengan motor konvensional.