Senin 23 Sep 2024 20:15 WIB

Enam Siksaan di Dunia dan Akhirat Terhadap Orang Cinta Dunia

Orang yang cinta dunia akan disiksa atau diazab oleh enam jenis siksaan.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi laknat dan siksa neraka
Foto: Dok Republika
Ilustrasi laknat dan siksa neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cinta dunia adalah sikap cinta kepada kehidupan dunia melebihi kecenderungannya kepada kehidupan akhirat. Orang yang cinta dunia biasanya gila harta, gila jabatan, gila kekuasaan, semua ingin dimilikinya sehingga memunculkan sifat-sifat buruk lainnya seperti kikir, egois, kejam, menghalalkan segala cara, dan takut mati.

Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Banteni dalam kitab Nashaihul Ibad mengutip pernyataan Hasan Al Basri seorang ulama dan cendekiawan Muslim yang dilahirkan pada tahun 21 Hijriyah. Hasan Al Basri menjelaskan bahwa orang yang cinta dunia akan disiksa atau diazab oleh enam jenis siksaan.

Baca Juga

Sebagaimana yang dikatakan Hasan Al Basri, "Siapapun yang mengharapkan dunia dan lebih memilih dunia daripada akhirat, maka Allah akan menyiksanya dengan enam macam siksaan. Yaitu tiga siksaan ditimpakan di dunia dan tiga lainnya di akhirat."

"Tiga siksaan yang ditimpakan di dunia itu adalah berangan-angan tanpa batas, sangat rakus sehingga tidak pernah merasa puas atau tidak pernah merasa berkecukupan, dan tidak bisa merasakan manisnya ibadah."