Selasa 24 Sep 2024 12:41 WIB

Di Kantor KPU Jateng, Andika-Hendi dan Luthfi-Gus Yasin Sepakat Damai

Kedua paslon sepakat melaksanakan kampanye tanpa hoaks, SARA, dan politik uang.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Erik Purnama Putra
Dua peserta Pilgub Jateng 2024, yaitu paslon Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (Hendi) dan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin).
Foto: Antara/Aji Satyawan
Dua peserta Pilgub Jateng 2024, yaitu paslon Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (Hendi) dan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- KPU Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menggelar acara Deklarasi Kampanye Damai untuk Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jateng 2024 di Kota Semarang, Selasa (24/9/2024). Acara itu diikuti kedua paslon yang akan berkontestasi, yakni Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (Hendi) dan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin).

Acara deklarasi kampanye damai digelar di halaman Kantor KPU Jateng dan dipimpin langsung Ketua KPU Jateng Handi Tri Ujiono. Setelah pembacaan doa, Handi kemudian membacakan poin-poin dalam deklarasi kampanye damai. Dia meminta pernyataannya diikuti paslon, perwakilan partai politik pendukung, dan tim kampanye pasangan calon yang hadir di lokasi.

Baca Juga

Terdapat tiga poin dalam deklarasi kampanye damai. Pertama, mewujudkan Pilgub Jateng 2024 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Kedua, melaksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib, dan damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi SARA, tanpa politik uang. Ketiga melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Teks deklarasi kampanye damai kemudian ditandatangani kedua paslon. Karena memperoleh nomor urut 1, Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi melakukan penandatangan lebih dulu. Pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen menyusul setelahnya. Teks deklarasi juga ditandatangani perwakilan partai politik pengusung kedua paslon dan Forkopimda Jateng.