Rabu 25 Sep 2024 14:00 WIB

Pengamat: Transisi Pemerintahan Jokowi ke Prabowo Jamin Stabilitas Ekonomi

Transisi pemerintahan Jokowi ke Prabowo bangun optimisme pertumbuhan ekonomi.

Red: Erdy Nasrul
Presiden Joko Widodo (kiri) dan presiden terpilih Prabowo Subianto (kanan).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Presiden Joko Widodo (kiri) dan presiden terpilih Prabowo Subianto (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Capaian kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo selama 10 tahun terakhir mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, termasuk pengamat ekonomi dan politik. Para pakar menilai bahwa meski menghadapi tantangan global, Presiden Jokowi berhasil membawa Indonesia tetap tumbuh dan bertahan dalam kondisi ekonomi yang dinamis. Hal ini menjadi fondasi penting bagi pemerintahan selanjutnya di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto untuk melanjutkan program-program strategis yang telah berjalan.

Direktur Sekolah Kajian Stratejik Global dan Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Athor Subroto, menyatakan bahwa tantangan ekonomi global saat ini sangat kompleks, dengan dinamika geopolitik yang berubah cepat. Namun, menurutnya, resiliensi ekonomi Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi patut diapresiasi. “Adanya pertumbuhan ekonomi di level 5 persen adalah pencapaian luar biasa di tengah disrupsi rantai pasokan global. Indonesia tetap bisa bertahan dan tumbuh lebih baik dibandingkan negara maju seperti Eropa,” ujar Athor.

Baca Juga

Athor juga menekankan bahwa program hilirisasi yang dijalankan oleh Presiden Jokowi berhasil menciptakan efek berlipat bagi perekonomian dalam negeri. “Fondasi hilirisasi mampu menjaga proses ekonomi terjadi di dalam negeri sehingga multiplier effect-nya semakin besar. Jika ini dilanjutkan dengan strategi yang tepat, terutama di bidang energi, ekonomi Indonesia akan semakin kokoh dan dapat mencapai pertumbuhan 8 persen,” jelasnya.

Selain itu, pasar saham yang terus mendekati level psikologis 8000 juga mencerminkan kepercayaan pasar terhadap kebijakan ekonomi pemerintahan Presiden Jokowi. Athor menambahkan bahwa pemerintahan mendatang harus segera merealisasikan berbagai program yang sudah direncanakan untuk mendatangkan manfaat bagi masyarakat. “Komitmen transisi yang halus dari Presiden Jokowi ke presiden terpilih Prabowo adalah hal baik. Dengan transisi yang lancar, pemerintahan mendatang dapat segera mencapai quick wins dalam berbagai sektor,” ungkapnya.