Kamis 26 Sep 2024 09:29 WIB

Walau tak Berharta, Orang Miskin juga Bisa Sedekah

Rasulullah SAW mengajarkan jenis sedekah yang bisa dilakukan tanpa harta benda.

Red: Hasanul Rizqa
Sedekah/Ilustrasi
Sedekah/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Agama Islam sangat adil dan sempurna. Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya memberitahu hal apa saja yang bisa disedekahkan oleh orang yang sedikit hartanya. Sabda Nabi Muhammad SAW tersebut dijelaskan Imam Al Ghazali bernama lengkap Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali dalam kitabnya, Ihya Ulumuddin.

Pada suatu hari orang-orang miskin datang kepada Rasulullah SAW kemudian berkata, "Orang-orang kaya punya banyak peluang memperoleh pahala. Mereka sholat dan puasa seperti kami (orang miskin), akan tetapi mereka bisa mendapatkan pahala lebih karena harta mereka."

Baca Juga

Nabi Muhammad SAW bertanya, "Tidakkah Allah SWT juga menyuruh kalian bersedekah? Setiap tasbih yang kalian ucapkan adalah sedekah, setiap tahmid dan tahlil adalah sedekah, setiap takhir juga sedekah, setiap menyuruh kebaikan (amar ma'ruf) bernilai sedekah, setiap melarang kejahatan (nahi munkar) juga bernilai sedekah. Demikian pula dengan setiap makanan yang kalian berikan untuk konsumsi keluarga merupakan sedekah. Setiap hubungan suami istri di antara kalian adalah sedekah."

Mereka bertanya kembali kepada Nabi Muhammad SAW, "Ya Rasulullah, apakah salah seorang dari kami yang datang kepada istrinya dengan syahwat juga akan mendapatkan pahala?"