Senin 07 Oct 2024 15:12 WIB

Dua Media Kenamaan Barat CNN dan BBC Dituding Bias Dukung Israel

Ada periode di mana jurnalis tak bisa sebut serangan udara ke Gaza sebagai serangan.

Red: Teguh Firmansyah
CNN

“Ini adalah daftar jaga. Setiap teroris memiliki giliran jaga masing-masing,” kata Hagari kepada Robertson.

Adam mengenang siaran tersebut sebagai 'momen yang memalukan' bagi CNN.

“Itu sama sekali bukan daftar nama Hamas,” katanya.

“Itu adalah sebuah kalender, dan tertulis dalam bahasa Arab hari-hari dalam seminggu. Namun laporan yang keluar dari Nic Robertson hanya menelan mentah-mentah klaim Israel.”

Lebih buruk lagi, klaim Israel telah dibantah oleh para penutur bahasa Arab di media sosial sebelum rekaman CNN ditayangkan. Menurut beberapa jurnalis CNN dan obrolan WhatsApp internal yang dilihat oleh Aljazirah, seorang produser Palestina telah memperingatkan rekan-rekannya, termasuk Robertson, namun tidak digubris.

Setelah laporan tersebut ditayangkan di televisi, kata mereka, produser lain mencoba mengoreksinya sebelum disiarkan secara online.

“Seorang kolega melihat laporan tersebut dan memberi tanda kepada Nic, [dengan mengatakan,] 'Tunggu, orang-orang mengatakan bahwa ini tidak akurat,'” kata Adam.

“Dan ternyata, Nic berkata, 'Apakah Anda bermaksud mengatakan bahwa Hagari berbohong kepada kami?

“Ada kesempatan untuk menghentikannya. Namun Nic bersikeras, dan berita itu tetap terbit.”

Selain itu, tidak ada bukti yang pernah muncul bahwa para tawanan ditahan di rumah sakit al-Rantisi.

Adam juga mengatakan bahwa ada suatu periode ketika jurnalis CNN tidak bisa menyebut serangan udara di Gaza sebagai serangan udara kecuali  mendapat konfirmasi dari pihak Israel.

“Kami tidak akan melakukan hal ini di tempat lain. Kami tidak akan mentolerir kebutuhan untuk bertanya, katakanlah, kepada Rusia apakah mereka mengebom rumah sakit di Kyiv.”

Baru-baru ini, ketika para pejabat kesehatan di Gaza mengumumkan bahwa serangan Israel telah menewaskan lebih dari 40.000 orang, Redaktur Pelaksana CNN Mike McCarthy memerintahkan timnya untuk mengkontekstualisasikan dan meminta pertanggungjawaban Hamas,

“Hal itu tercermin dalam pembingkaian dari tayangan-tayangan tersebut,” kata Adam 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement