Jumat 11 Oct 2024 16:53 WIB

Pengisi Suara Doraemon Nobuyo Oyama Meninggal pada Usia 90 Tahun

Nobuo Oyama mengisi suara Doraemon selama lebih dari seperempat abad.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Doraemon. Nobuyo Oyama, pengisi suara karakter anime populer Doraemon, meninggal dunia di usia 90 tahun pada 29 September 2024.
Foto: Toho Co., Ltd
Salah satu adegan di film Doraemon. Nobuyo Oyama, pengisi suara karakter anime populer Doraemon, meninggal dunia di usia 90 tahun pada 29 September 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nobuyo Oyama, pengisi suara karakter anime populer Doraemon, meninggal dunia di usia 90 tahun pada 29 September 2024. Menurut agensinya, Actors Seven, Oyama meninggal dunia karena sebab alamiah.

“Oyama yang mengisi suara Doraemon selama lebih dari seperempat abad, meninggal dunia karena penyebab alami pada 29 September,” kata Actors Seven dalam pengumumannya seperti dilansir AP, Jumat (11/10/2024).

Oyama mengisi suara robot kucing ikonik tersebut dari tahun 1979 hingga 2005. Diciptakan oleh kartunis Fujiko F Fujio pada tahun 1970, Doraemon dan kisah persahabatannya dengan Nobita, seorang anak laki-laki yang baik hati namun agak malas, menjadi sangat populer. Serial manga dan anime ini telah dibaca dan ditonton oleh jutaan penggemar di Jepang dan di seluruh dunia, serta telah diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa.

Dalam serial ini, Doraemon datang dari abad ke-22 dan membantu Nobita dalam situasi sulit, sering kali dengan gawai dari masa depan seperti pintu ajaib dan baling-baling bambu. Lahir di Tokyo pada tahun 1933, Oyama awalnya bercita-cita menjadi aktor. Ia memulai debutnya dalam sebuah drama tahun 1956 di televisi publik NHK Jepang. Dia mendapatkan peran pengisi suara pertamanya pada tahun 1957 dalam versi sulih suara serial drama TV “Lassie”.

Suara serak Oyama dengan cepat mendapatkan popularitasnya dalam anime dan program anak-anak. Dia adalah pengisi suara salah satu dari tiga anak babi dalam pertunjukan boneka anak-anak yang populer di awal tahun 1960-an dan remaja laki-laki Katsuo dalam serial anime keluarga “Sazaesan”, sebelum akhirnya menjadi Doraemon.

Oyama pensiun sebagai Doraemon pada bulan Maret 2005 sebagai bagian dari pembaharuan pengisi suara karakter utama. “Saya berharap Doraemon akan tetap menjadi karakter yang dicintai di masa depan,” kata Oyama kala itu.

Pada tahun 2015, suami Oyama mengungkapkan bahwa ia menderita demensia. Meski begitu, sebagai kepala sekolah seni suara, Oyama dikenal selalu berhasil pada percobaan pertama ketika dia diminta untuk tampil dengan suara Doraemon-nya.

Agensi Oyama mengatakan bahwa pemakamannya diadakan secara private oleh keluarganya. Sebelumnya, Noriko Ohara, pengisi suara Nobita, meninggal dunia pada bulan Juli.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement